Melihat keunggulan dua laptop gaming baru Asus

Asus ROG STRIX Scar 2 dan Hero 2 akan dirilis di Indonesia dalam waktu yang sangat dekat. Kami sudah menjajalnya terlebih dulu!

Melihat keunggulan dua laptop gaming baru Asus

Di Computex 2018 Asus memperkenalkan dua laptop gaming baru yaitu ROG STRIX Scar 2 dan Hero 2. Sesuai namanya, dua laptop tersebut merupakan generasi baru ROG Strix Scar dan Hero yang dirancang khusus untuk para gamer penggemar esport. Scar ditujukan untuk gamer first-person shooter (FPS), sementara Hero didedikasikan untuk gamer MOBA.

Tek.id baru saja diberikan kesempatan eksklusif untuk menjajal singkat performa dua laptop tersebut sebelum dirilis di Indonesia pada tanggal 14 Agustus besok. Berikut adalah pengalaman kami menjajal Asus ROG STRIX Scar 2 dan Hero 2.


BACA JUGA

CEO Asus, Jerry Shen, mundur demi pimpin perusahaan baru

Asus Designo MZ27AQ, unggulkan desain dan audio

Ini janji Asus mengenai ketersediaan Max Pro M2


Desain berubah drastis

ROG Strix Scar 2 dan Hero 2 punya desain yang bisa dikatakan jauh berbeda dengan pendahulunya. Kali ini dua laptop tersebut terlihat lebih ramping dan tipis. Hal tersebut berkat layarnya yang sekarang punya bezel sangat tipis. Dengan demikian, Asus bisa menghadirkan layar berukuran 15 inci ke dalam bodi laptop 14 inci.

Perbedaan lain yang sangat mencolok dari dua laptop ini adalah posisi kameranya yang kini berada di bagian bawah layar. Beberapa mungkin akan komplain dengan desain yang agak berbeda ini. Namun mengingat dua laptop ini adalah laptop gaming, maka bisa dikatakan kamera tersebut hanya pelengkap saja sehingga tidak masalah jika ditempatkan di bawah layar.

Salah satu keunggulan ROG Strix Scar 2 dan Hero 2 kali ini ada di sistem pendinginnya. Asus berhasil mendesain ulang sistem pendingin di dua laptop gaming ini sehingga bisa meminimalisir penumpukan debu dan membuat laptop menjadi lebih awet. Desain ini diklaim belum ada di laptop lainnya dan sudah dipatenkan oleh Asus.

Performa dan spesifikasi meningkat

ROG Strix Scar 2 dan Hero 2 dibekali prosesor Intel Core i7 generasi ke-8 alias Coffee Lake. Prosesor tersebut hadir dengan konfigurasi 6 core 12 thread sehingga bisa menopang kebutuhan multitasking secara lebih baik dari generasi sebelumnya.

Untuk memori, dua laptop ini secara pabrikan akan dibekali RAM DDR4 2666 MHz sebesar 16GB. Meski tampil dengan konfigurasi single-channel, namun Asus masih memberikan opsi ugrade melalui satu slot memori kosong. Jadi, Anda bisa membuatnya berjalan di konfigurasi dual-channel jika menambah memorinya.

Soal grafis, ROG Strix Scar 2 dan Hero 2 dibekali opsi GPU Nvidia GeForce GTX 1060 dan 1070. GPU tersebut sudah sangat mumpuni untuk menyokong kegiatan bermain gim pada resolusi 1080p. Bahkan untuk gim esport, laptop ini sudah mendukung layar 120Hz sehingga gim esport kesayangan kamu bisa berjalan hingga 120fps.

Yang paling menarik adalah komponen yang ditanam di ROG Strix Scar 2 dan Hero 2. Pihak Asus menjelaskan kalau komponen di dalam dua laptop ini merupakan komponen premium dengan daya tahan yang tinggi. Hal tersebut pula yang membuat Asus percaya diri dan membiarkan prosesor Core i7 yang ada di laptop ini berjalan di mode Turbo Boost dalam waktu yang lama.

Hal tersebut diperlihatkan kepada saya saat melakukan hands-on. CPU ROG Strix Scar 2 dan Hero 2 bisa berjalan di frekuensi lebih dari 3,5GHz sepanjang melakukan pengujian Cinebench R15. Sementara laptop pesaingnya yang diperlihatkan kepada saya tidak mampu mempertahankan frekuensi CPU-nya di atas 3GHz.

Hal tersebut membuat ROG Strix Scar 2 dan Hero 2 mampu tampil lebih kencang dari pesaingnya. Meski suhu operasionalnya lebih tinggi, Asus menjamin dua laptop ini bisa bertahan awet berkat penggunaan komponen yang punya durabilitas tinggi.

Masih penasaran? Laptop ini akan mendarat di lab hardware kami dalam waktu dekat. Jadi terus pantau Tek.id untuk ulasan lebih detailnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: