sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
Rabu, 02 Des 2020 19:52 WIB

Laptop terbaik 2020 pilihan kami

Pemilihan laptop terbaik kami kerucutkan berdasarkan performa dan harga. Hasilnya, kami menetapkan tiga kategori, yakni Best Budget Mainstream, Best Budget Gaming, dan Best Budget Productivity.

Laptop terbaik 2020 pilihan kami

Selain smartphone terbaik, kami juga memilih laptop terbaik di Tek Award 2020. Ini merupakan pertama kalinya kami memilih laptop terbaik, dan akan kami lanjutkan di tahun-tahun mendatang.

Tentu saja, karena masih permulaan, jumlah laptop yang kami review belum sebanyak smartphone. Dengan kata lain, laptop terbaik yang kami maksud, tidak mengikutsertakan laptop lain yang belum pernah kami review sepanjang tahun 2020.

Pemilihan laptop terbaik kami kerucutkan berdasarkan performa dan harga. Hasilnya, kami menetapkan tiga kategori, yakni Best Budget Mainstream, Best Budget Gaming, dan Best Budget Productivity.

Pengujian kinerja kami wakili dengan menggunakan aplikasi benchmark sintetis milik Futuremark (3DMark, PCMark), Cinebench, CrystalDiskMark, Blender, dan beberapa judul gim bertaraf AAA seperti Tom Clancy's Ghost Recon, Shadow of the Tomb Raider, dan The Witcher 3: Wild Hunt.

Kami juga menggabungkannya dengan pengalaman penggunaan untuk mendapatkan penilaian terkait kenyamanan penggunaan serta gambaran pemakaian sehari-hari, mulai dari kenyamanan mengetik, teknologi layar, kelengkapan I/O, serta kemudahan upgrade.

Berikut laptop terbaik 2020 pilihan kami:

 

Best Budget Gaming: ACER Nitro 5 2020

Sepanjang tahun 2020, kami menguji 16 laptop gaming dengan harga bervariasi. Berdasarkan performa dan harga terbaik, kami memilih ACER Nitro 5 untuk kategori Best Budget Gaming Laptop.

Selain spesifikasi tinggi, ACER bisa memberikan kenyamanan ketika digunakan bermain gim dalam rentang waktu yang lama. Fitur pendukung lainnya juga cukup lengkap, seperti layar sudah 144Hz, opsi upgrade, dan pengaturan yang mudah dimengerti, menjadi pelengkap dari banderol harganya yang relatif lebih terjangkau.

 

Best Budget Mainstream: IdeaPad C340

Untuk kategori laptop mainstream, pilihannya juga tak kalah beragam. Namun, kami memilih Lenovo IdeaPad C340. IdeaPad C340 tampil paling eksentrik mengingat harganya hanya Rp8 jutaan. Sekilas, ia tampak seperti laptop berharga belasan juta rupiah karena layarnya dapat dilipat (convertible), dukungan layar sentuh, dan dibekali stylus.

Tidak hanya tampil apik, IdeaPad C340 ditunjang dengan dukungan port yang lengkap, opsi untuk upgrade RAM, serta performa yang cukup oke untuk dipakai bekerja atau pun belajar. Daya tahan baterainya juga tergolong baik, berkisar 10 jam penggunaan umum.

 

Best Budget Productivity: ASUS ProArt StudioBook Pro 17

Untuk segmen yang satu ini, tampaknya kita harus sepakat bahwa kebutuhan seorang profesional memang tidak murah. Apalagi, sebuah laptop yang dapat memenuhi kebutuhan profesional seperti kreator konten. Konteksnya bukan hanya bisa, namun bisa diandalkan.

Dibanderol pada kisaran Rp35 jutaan, ASUS ProArt StudioBook Pro 17 jadi pilihan kami untuk urusan produktivitas. Mengemas spesfikasi tinggi dengan GPU Quadro RTX 3000, RAM 64GB, serta mengantungi berbagai sertifikat bertaraf internasional, laptop ini bisa jadi andalan para kreator konten mengerjakan tugas hariannya secara mobile.

Editor
Share
×
tekid
back to top