sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 05 Feb 2024 17:06 WIB

Duh, karena masalah uang, lagu Taylor Swift dkk hengkang dari TikTok

Karena masalah pembagian royalti yang dianggap tak sesuai, Universal Music Grup (UMG) memilih hengkang dari platform TikTok.

Duh, karena masalah uang, lagu Taylor Swift dkk hengkang dari TikTok

Universal Music Group (UMG) akhirnya menghapus katalog artis mereka termasuk Taylor Swift, Drake, Billie Eilish, The Weeknd dan lainnya dari TikTok. Langkah ini dilakukan setelah kesepakatan antar dua perusahaan tersebut kandas di tengah jalan.

Imbas dari gagalnya kesepakatan ini adalah dibisukannya konten TikTok yang menggunakan musik dari label UMG. Ini berarti, para konten kreator harus menemukan lagu baru dari label musik lain yang masih bekerjasama dengan TikTok, seperti dilansir dari laman Engadget (5/2).

Keputusan ini disayangkan oleh beberapa pihak, karena TikTok dianggap dapat menjadi platform yang dapat mempromosikan lagu para artis. Meski demikian, Universal masih memiliki kekuatan untuk mempromosikan produk mereka mengingat namanya yang besar.

Tapi yang terpenting, keputusan ini sangat merugikan baik bagi pengguna ataupun konten kreator di platform streaming asal Tiongkok tersebut.

Pihak Universal sebelumnya mengatakan bahwa TikTok telah menawarkan insentif yang terlalu rendah sebagai ganti penggunaan musik mereka di platform tersebut. 

"Saat negosiasi kami berlanjut, TikTok berusaha untuk menindas kami agar menerima kesepakatan yang nilainya lebih rendah dari kesepakatan sebelumnya, jauh lebih rendah dari nilai pasar yang adil dan tidak mencerminkan pertumbuhan eksponensialnya," ujar perwakilan UMG.

Menanggapi hal tersebut, TikTok mengatakan bahwa platform mereka berfungsi sebagai alat pemasaran yang berharga bagi artis dan penerbit. 

“Meskipun ada narasi dan retorika yang salah dari Universal, faktanya adalah mereka memilih untuk meninggalkan dukungan kuat dari platform dengan lebih dari satu miliar pengguna yang berfungsi sebagai sarana promosi dan penemuan gratis bagi bakat mereka,” jelas pihak TikTok.

Share
×
tekid
back to top