sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 25 Sep 2023 10:04 WIB

iPhone 15 tidak cocok dengan kabel USB-C Android, berpotensi panas berlebih

Apple Store memperingatkan konsumen agar tidak menggunakan kabel Android karena potensi panas berlebih.

iPhone 15 tidak cocok dengan kabel USB-C Android, berpotensi panas berlebih

Seri Apple iPhone 15 menampilkan berbagai peningkatan, dengan perubahan penting adalah penerapan antarmuka USB-C di semua model. Langkah ini mendapat sambutan positif dari konsumen karena sejalan dengan tren ponsel Android saat ini, yang memungkinkan pengguna menggunakan satu kabel untuk beberapa perangkat. Selain itu, berbagi baterai lintas platform Android ke iPhone kini menjadi kenyataan, sehingga semakin meningkatkan pengalaman pengguna.

Namun, laporan terbaru dari Tiongkok menunjukkan bahwa Apple Store tertentu memperingatkan agar tidak menggunakan kabel charger Android dengan iPhone 15 baru, dengan alasan potensi kekhawatiran panas berlebih.

Peringatan ini terungkap ketika toko eksklusif Apple di Foshan, Provinsi Guangdong menyarankan pelanggan agar tidak menggunakan kabel USB-C Android untuk mengisi daya iPhone 15. Dilansir dari Gizmochina (25/9), toko tersebut menyoroti perbedaan dalam susunan pin antarmuka, yang menunjukkan bahwa penggunaan kabel Android dapat menyebabkan menjadi overheating karena celah yang sedikit lebih kecil antara konektor 9 pin satu baris dan konektor 11 pin satu baris.

Tampaknya peringatan ini tidak terbatas pada satu toko saja. Pasalnya, ada laporan yang menunjukkan bahwa beberapa toko eksklusif Apple telah mengeluarkan peringatan serupa. Kritikus telah menyuarakan kekhawatiran bahwa peringatan ini mungkin merupakan upaya Apple untuk mendorong pembelian kabel charger resminya, yang cenderung memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan kabel dari ponsel Android.

Hal ini telah memicu perdebatan dan spekulasi mengenai apakah saran tersebut benar-benar dimotivasi oleh masalah keamanan perangkat atau merupakan langkah strategis untuk meningkatkan penjualan aksesori milik Apple.

Apple belum mengeluarkan pernyataan resmi yang menjelaskan posisinya terkait penggunaan kabel charger Android dengan seri iPhone 15. Situasi ini menimbulkan pertanyaan tentang kompatibilitas kabel charger, meskipun antarmuka USB-C telah diadopsi secara universal.

Share
×
tekid
back to top