Hindari penipuan, Amazon wajibkan pengantar barang untuk selfie

Sebuah pesan di aplikasi Amazon Flex memberi tahu para pengemudi bahwa mereka harus melakukan selfie sebelum dapat mengendarai mobil.

Hindari penipuan, Amazon wajibkan pengantar barang untuk selfie Source: Pexels

Salah satu toko online terbesar di AS, Amazon, mewajibkan pengemudi pengirimannya untuk mengambil foto selfie. Hal ini dilakukan agar dapat memverifikasi identitas mereka menggunakan sistem pengenal wajah (face recognition).

Dilansir dari Engadget (20/4), aturan ini berlaku untuk pengemudi dalam program Amazon Flex, di mana mereka melakukan pengiriman dengan mobil sendiri sebagai kontraktor independen.


BACA JUGA

Amazon ajukan izin untuk luncurkan satelit internet cepat

Janda bos Amazon, jadi orang terkaya ke-22 dunia

Efek menyedihkan teknologi pada balita


Sebuah pesan di aplikasi Amazon Flex memberi tahu para pengemudi bahwa mereka harus melakukan selfie sebelum dapat mengendarai mobil. Tentu saja, pesan tersebut tidak membolehkan pengendara untuk melakukannya saat berkendara. Amazon juga memberi tahu pengemudi bahwa mereka mungkin mengumpulkan data biometrik untuk sesekali mengkonfirmasi identitasnya.

Kewajiban selfie dapat menghentikan pengemudi Flex dari berbagi akun mereka dengan orang-orang Amazon yang tidak berwenang untuk melakukan pengiriman.

Para pengemudi perlu memberikan foto diri mereka ketika mendaftar program Flex, kemudian Amazon menunjukkan foto itu kepada pelanggan sehingga mereka dapat mengidentifikasi pengirim. Dalam ketentuan Flex, Amazon mengatakan akan menggunakan foto-foto mereka yang mendaftar ke platform setelah 13 November 2018 untuk memverifikasi identitas pengemudi dan untuk mendeteksi penipuan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: