sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Jumat, 07 Jun 2024 09:06 WIB

Lumix GH7 meluncur dengan performa video terbaik dari Panasonic

Panasonic kembali menunjukkan komitmennya dalam dunia fotografi dan videografi dengan merilis kamera terbarunya, Lumix GH7.

Lumix GH7 meluncur dengan performa video terbaik dari Panasonic

Panasonic kembali menunjukkan komitmennya dalam dunia fotografi dan videografi dengan merilis kamera terbarunya, Lumix GH7. Kamera ini diharapkan menjadi andalan baru para profesional dan penggemar fotografi berkat berbagai fitur unggulannya yang menggabungkan teknologi terkini dan desain ergonomis.

Panasonic Lumix GH7 hadir dengan desain yang lebih ramping dan ergonomis dibandingkan pendahulunya, GH6. Bodi magnesium alloy yang ringan namun kokoh membuatnya ideal untuk penggunaan di berbagai kondisi, baik di dalam studio maupun di lapangan. Grip yang nyaman dan tata letak tombol yang intuitif mempermudah pengguna dalam mengoperasikan kamera mirrorless ini untuk jangka waktu yang lama tanpa merasa lelah.

Dilansir dari PetaPixel (7/6), salah satu fitur unggulan GH7 adalah sensor Micro Four Thirds terbaru yang memiliki resolusi 25 megapiksel. Sensor ini dikombinasikan dengan prosesor gambar Venus Engine generasi terbaru, yang memungkinkan pengambilan gambar dengan detail tinggi dan rentang dinamis (dynamic range) yang lebih luas. Teknologi Dual Native ISO yang disematkan juga memungkinkan pengambilan gambar dalam kondisi cahaya rendah dengan noise yang minimal.

Lumix GH7 tidak hanya memukau dalam hal fotografi, tetapi juga unggul dalam perekaman video. Kamera ini mampu merekam video 4K pada 60 fps dengan bit rate tinggi, menjadikannya pilihan ideal untuk videografer profesional. Fitur slow-motion hingga 240 fps pada resolusi Full HD juga tersedia untuk pengguna yang ingin mengeksplorasi kreativitas mereka. GH7 dilengkapi dengan sistem autofokus DFD (Depth From Defocus) yang lebih cepat dan akurat, serta stabilisasi gambar 5-axis yang memastikan rekaman video tetap halus dan bebas dari guncangan.

Untuk kemudahan transfer data, Panasonic Lumix GH7 dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan foto dan video langsung ke perangkat lain atau mengontrol kamera dari jarak jauh melalui aplikasi Lumix Sync. Selain itu, GH7 juga dilengkapi dengan dua slot kartu SD UHS-II, yang memberikan fleksibilitas lebih dalam menyimpan hasil jepretan dan rekaman video.

Sedangkan untuk alur kerja, GH7 bekerja secara native dengan platform Camera to Cloud Frame.io, memungkinkan pengiriman file video proxy ke editor di luar lokasi. Fotografer juga dapat memanfaatkan hal ini dengan mengirimkan gambar RAW dan JPEG ke cloud saat memotret.

Ada juga banyak fitur untuk membantu videografer, termasuk fungsi pemantauan seperti waveform dan vector scope. Kamera juga memiliki penanda dan indikator bingkai, penanda zona aman, bantuan fokus yang diperbesar, shutter angle display, luminance spot meter.

Lumix GH7 dapat merekam video tanpa batas — tidak terbatas dalam artian kamera memungkinkan pengguna untuk terus merekam hingga tidak ada ruang penyimpanan atau daya. Seperti GH6, GH7 menggunakan solusi pendinginan aktif. GH7 memiliki kipas pendingin di bagian belakang untuk mengeluarkan panas dari sensor dan area perekaman kamera dan mendorongnya keluar. Kamera ini juga memiliki bahan grafit pintar untuk membantu membuang panas dari komponen integral yang panas.

Pendinginan aktif tidak menghalangi ketahanan terhadap cuaca, karena kamera ini tahan cipratan dan debu. Tentu saja, ini tidak tahan air, tetapi dibuat untuk tahan terhadap ekstremnya kasus penggunaan profesional, termasuk cuaca buruk.

Ada juga beberapa perbaikan desain yang perlu diperhatikan. Kameranya memiliki EVF yang sama dengan G9 II, OLED 3,68 juta titik dengan pembesaran 0,8x, naik dari 0,76x pada GH6. Joysticknya juga telah meningkatkan kontrol di delapan arah. Harga untuk Panasonic Lumix GH7 adalah USD2.200 (Rp36 juta).

Share
×
tekid
back to top