sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
Selasa, 02 Jun 2020 17:10 WIB

Hands-On ExpertBook B9450, baterainya tahan seharian!

Meski memiliki ketipisan 1,49 cm dan bobot 0,995 Kg saja, ASUS ExpertBook B9450 memiliki baterai sebesar 4 cell 66 Wh dan dapat bertahan lebih dari 20 jam.

Hands-On ExpertBook B9450, baterainya tahan seharian!
ASUS ExpertBook B9450

Di masa WFH seperti ini, laptop memang menjadi teman terbaik bagi para pekerja dan pelajar. Hal ini dikarenakan semua hal saat ini dilakukan menggunakan laptop, mulai dari bekerja, belajar, mencari hiburan, hingga berkomunikasi bisa dilakukan menggunakan laptop.

Memang, saat ini banyak laptop yang menawarkan segala kemudahan untuk menghadapi WFH. Tapi, saat ini pemerintah Indonesia ingin segera menerapkan “new normal” dalam waktu dekat ini. Jadi, pengguna sudah seharusnya memilih laptop yang tak hanya tepat untuk WFH saja, namun juga tepat untuk menjalani “new normal”.

Nah, pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan memberikan pengalaman kami mengenai laptop terbaru dari ASUS, ExpertBook B9450. Laptop ini diklaim memiliki daya tahan yang luar biasa jika dibandingkan dengan laptop lainnya.

Sebelum kami membahas soal daya tahan baterainya, ada baiknya kami sedikit menyinggung soal spesifikasi dari laptop ini. Seperti diketahui, ExpertBook B9450 memiliki prosesor Intel generasi ke-10, dengan pilihan Core i5-10210U dan Core i7-10510U.

Kalian juga akan mendapatkan pilihan RAM 8GB atau 16GB DDR3, dengan dukungan RAM dual channel. Sayang, kalian tidak akan mendapatkan pilihan GPU diskrit di laptop ini karena memang ditujukan sebagai laptop enterprise.

Penyimpanannya pun cukup besar, yakni 512GB atau 1TB SSD M.2 NVMe. Jika kurang, pengguna akan bisa mendapatkan satu slot SSD M.2 NVMe PCIe 3x4 lane yang sangat kencang.

Layarnya berukuran 14 inci Full HD dengan sertifikasi sRGB 100 persen dan tingkat cahaya hingga 300 nits. Kalian juga akan mendapatkan sebuah kamera beresolusi HD 720p yang dilengkapi dengan IR untuk Windows Hello.

Nah, selain cocok untuk WFH karena sudah memiliki kamera HD, ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan quad microphone dan noise canceling. Jadi, pada saat rapat suara di sekitar kita tidak akan bocor ke dalam aplikasi yang kita gunakan.

Dikarenakan laptop yang masuk dalam Project Athena, ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan WiFI 6 dan dukungan Bluetooth 5. Pengguna juga akan mendapatkan laptop yang sangat tipis, yakni sekitar 1,49 cm saja dengan bobot maksimal 0,995 Kg saja.

Pengguna juga akan mendapatkan keamanan tingkat enterprise Trusted Platform Module (TPM) 2.0 embedded security chip, webcam shield, serta ASUS Business Manager with secure drive setting and lock control to USB storage devices.

Berbicara mengenai baterai, ExpertBook B9450 akan hadir dengan dua pilihan kapasitas baterai. Yang pertama akan memiliki baterai 2 cell 33W, dan yang satu lagi akan memiliki baterai 4 cell 66Wh. ASUS mengklaim bahwa laptop ini dapat bertahan lebih dari 1 hari untuk pemaikaian biasa.

Pada kesempatan kali ini, kami hanya akan membahas soal benchmark baterainya saja, untuk performa akan dibahas di artikel ulasan penuh. Di sini, kami mendapatkan kesempatan untuk bermain-main dengan model Core-i7 10510U dengan baterai 66 Wh.

Dalam pengujian PCMark 10 Battery Test Modern Office, ExpertBook B9450 bisa bertahan selama 21 jam dan 8 menit. Tentu saja, hasil ini cukup mengejutkan bagi sebuah laptop yang tipis dan ringan.

Kapasitas baterai ini bukan hanya akan dapat mendukung kita saat WFH selama pandemi virus corona ini. Namun, pada saat “new normal” diberlakukan, kita bisa bekerja dimanapun tanpa harus khawatir membawa charger kemana-mana.

So, itulah pengalaman hands-on Tek.id menggunakan ExpertBook B9450. Jika kalian penasaran dengan ulasan penuh dari laptop ini, pantengin terus situs Tek.id ya!

Share
back to top