sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
Kamis, 22 Apr 2021 16:32 WIB

Grab ajak pelanggan jaga Bumi via #LangkahHijau

Memperingati Hari Bumi Sedunia 2021, Grab bersama dengan jajaran pemerintah Indonesia hadirkan inisiatif #LangkahHijau ke tingkat selanjutnya.

Grab ajak pelanggan jaga Bumi via #LangkahHijau
Source: Grab Indonesia

Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia 2021, Grab bersama dengan jajaran pemerintah Indonesia, mitra bisnis strategis, dan sektor swasta, membawa inisiatif #LangkahHijau ke tingkat selanjutnya. Grab Indonesia menghadirkan pameran virtual untuk meningkatkan kesadaran akan langkah-langkah kecil yang dapat dilakukan konsumen untuk berkontribusi bagi Indonesia yang lebih hijau. Grab juga mengumumkan inisiatif baru seiring perusahaan terus meningkatkan upaya pelestarian lingkungan. 

Pameran virtual #LangkahHijau ini dapat diakses oleh publik mulai 22 April 2021 di website GrabForGood Langkah Hijau. Pameran tersebut akan menampilkan berbagai inisiatif pelestarian lingkungan di bawah kampanye #LangkahHijau dari Grab, yang diperkenalkan pada tahun 2019 dan dapat diikuti oleh para konsumen. Ini termasuk langkah Carbon Offsetting with Grab (Langkah Menanam Pohon), Electric Vehicle Provided by Grab (Langkah Kurangi Emisi), dan Recycle with GrabExpress Recycle (Langkah Daur Ulang).

"Di Grab, kami percaya bahwa menyadari pengurangan jejak karbon dan dampak lingkungan juga sejalan dengan menciptakan peluang ekonomi bagi komunitas lokal. Kami terus mencari cara untuk mengurangi jejak karbon dan meningkatkan inisiatif keberlanjutan lingkungan kami melalui berbagai kemitraan. Program carbon offset terbaru kami yang berkolaborasi dengan Ecomatcher dan Yayasan Bumi Hijau Lestari akan memberikan kesempatan bagi kami untuk meminimalkan dampak bisnis bagi lingkungan Indonesia," kata President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata. 

Pada Langkah Menanam Pohon, Grab memungkinkan konsumen untuk melakukan carbon offset di dalam perjalanan mereka dengan harga Rp200 untuk kendaraan beroda dua, dan Rp500 untuk kendaraan beroda empat. Melalui kemitraan Grab dengan Benihbaik.com dan EcoMatcher, kontribusi ini akan langsung disalurkan untuk penanaman pohon di Jawa Tengah yang dikelola oleh Yayasan Bumi Hijau Lestari, organisasi nirlaba yang fokus dalam memperbaharui lingkungan dan memberdayakan masyarakat lokal melalui reboisasi dan pendidikan.

Konsumen dapat berpartisipasi (opt-in) di inisiatif ini dalam aplikasi Grab melalui fitur Dana Tanam Pohon (Plant Tree Fund) yang baru, mulai 20 April 2021. Peluncuran penuh akan berlangsung selama 1 minggu, hingga 27 April 2021 untuk semua konsumen Grab.

Sedangkan pada Langkah Kurangi Emisi, Grab menggunakan kendaran listrik roda dua yang merupakan hasil kemitraan publik-swasta dengan pemerintah, termasuk perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan produsen kendaraan listrik. Mitra Grab termasuk produsen lokal seperti Gesits dan Selis hingga produsen multinasional seperti Hyundai, Honda, Viar, dan Kymco. 

Kendaraan listrik dua roda ini juga digunakan oleh Lazada untuk armada pengantaran last-mile di Jabodetabek. Infrastruktur baterai juga dibangun bersama dengan perusahaan BUMN, PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan Pertamina, perusahaan bahan bakar BUMN untuk menghadirkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum tersedia di SPBU Pertamina di Rawa Bokor, Jakarta.

Sementara itu Langkah Daur Ulang, Grab terus mendorong pengurangan limbah dengan GrabExpress Recycle. Sejak 2019, Grab telah berkolaborasi dengan Danone-AQUA untuk meluncurkan GrabExpress Recycle dimana pengguna dapat dengan mudah mengirimkan limbah bernilai ekonomis seperti botol minum dan gelas, karton, botol perawatan rumah tangga dan personal care ke mitra Bank Sampah Danone-AQUA. Sampah daur ulang ini akan dikelola dan diolah oleh Usaha Daur Ulang (RBU) lokal, termasuk AQUA. 

Saat ini titik penyerahan bank sampah telah mencapai 48 titik yang terdiri dari 45 titik di DKI Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek), dan baru-baru ini ditambah dengan hadirnya tiga titik bank sampah baru di Kota Bandung sebagai bagian dari perluasan GrabExpress Recycle. Pada 2021, Grab akan menambah hingga 50 titik bank sampah di wilayah Jadetabek dan terus memperluas hingga 40 titik pengiriman di Bandung dalam upaya agar daur ulang lebih mudah diakses konsumen.

Tag
Share
×
tekid
back to top