sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Kamis, 16 Mei 2024 08:07 WIB

Google Project Gameface kini open-source: Kendalikan kursor dengan gerakan wajah

Google baru-baru ini mengumumkan bahwa Project Gameface, sebuah inisiatif yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol kursor komputer hanya dengan menggunakan gerakan kepala dan ekspresi wajah.

Google Project Gameface kini open-source: Kendalikan kursor dengan gerakan wajah
Techspot

Google baru-baru ini mengumumkan bahwa Project Gameface, sebuah inisiatif yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol kursor komputer hanya dengan menggunakan gerakan kepala dan ekspresi wajah, kini telah menjadi open-source. Proyek yang inovatif ini membuka peluang baru dalam aksesibilitas dan interaksi manusia dengan komputer.

Dilansir dari Gizmochina (16/5), Project Gameface adalah alat yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mengenali gerakan kepala dan ekspresi wajah pengguna melalui webcam. Pengguna dapat mengangkat alis untuk melakukan klik dan drag, atau membuka mulut untuk memindahkan kursor, sehingga memungkinkan siapa saja untuk mengejar hobi bermain game.

Proyek ini terinspirasi oleh kisah Lance Carr, seorang streamer video game yang mengalami quadriplegia dan hidup dengan distrofi otot, penyakit progresif yang melemahkan otot. Lance tidak membiarkan keterbatasan fisiknya menghalangi cintanya pada gaming, sehingga ia menggunakan mouse pelacak kepala untuk mengontrol kursor. Setelah mendengar kisah Lance, Google bekerja sama dengannya untuk merancang Project Gameface.

Dengan menjadi open-source, Project Gameface kini dapat dikembangkan dan ditingkatkan oleh komunitas pengembang di seluruh dunia. Kode sumber proyek ini tersedia di GitHub, memungkinkan pengembang untuk berkontribusi, memperbaiki, atau menggunakan teknologi ini untuk aplikasi mereka sendiri.

Project Gameface menggunakan solusi open-source Google MediaPipe untuk mengenali gerakan dan ekspresi wajah. Untuk beradaptasi dengan kebutuhan pengguna yang berbeda, Google telah memasukkan ide ukuran gestur, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol seberapa menonjol gestur mereka perlu untuk memicu aksi mouse.

Project Gameface memiliki potensi untuk membuat gaming lebih mudah diakses bagi banyak orang. Alat ini masih dalam pengembangan, tetapi Google sangat bersemangat tentang potensi yang dimilikinya untuk mengubah kehidupan orang karena relatif murah untuk dibangun dan dipelihara.

Dengan langkah ini, Google menunjukkan komitmennya terhadap inovasi dan aksesibilitas. Project Gameface tidak hanya membuka jalan bagi pengalaman gaming yang lebih inklusif tetapi juga menetapkan standar baru dalam interaksi manusia dengan teknologi.

Share
×
tekid
back to top