sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Senin, 09 Nov 2020 10:17 WIB

Google Photo sembunyikan fitur edit khusus untuk pelanggan Google One

Google kabarnya menyembunyikan beberapa fitur edit di Google Photo yang hanya bisa digunakan oleh pelanggan Google One saja.

Google Photo sembunyikan fitur edit khusus untuk pelanggan Google One

Google Photo menjadi salah satu andalan aplikasi untuk mengatur dan mengedit foto, terutama untuk perangkat yang menjalankan Android Stock. Kabar terbaru mengungkapkan kalau Google mulai memonetisasi aplikasi ini dengan menghadirkan fitur tertentu yang hanya dapat diakses oleh pelanggan Google One saja. 

XDADeveloper (9/11) mengungkapkan beberapa string baru di Google Photo versi 5.18 yang menunjukkan adanya monetisasi tersebut. Menariknya, deskripsi update tersebut hanya menyebutkan “peningkatan penyimpanan dan edit foto dan video di kartu SD.”

Dari pembongkaran APK yang dilakukan XDA Developers, terungkap bahwa ada empat string baru, masing-masing secara jelas menyebutkan keistimewaan yang dimiliki pelanggan Google One. Keempat string tersebut adalah: 

  • As a Google One member, you get access to extra editing features
  • Get Extra editing features with Google One membership
  • Unlock this feature and more with a Google One membership, dan
  • Unlock more editing features and {storage_amount} of storage with a Google One membership. 

Salah satu fitur edit yang dikunci oleh Google adalah Color Pop. Sejatinya fitur ini merupakan fitur edit gratis yang sebelumnya sudah bisa digunakan semua pengguna Google Photo. Dilansir dari TheVerge (9/11), Google berdalih bahwa fitur ini masih bisa digunakan, namun hanya pada foto dengan informasi kedalaman gambar saja, misalnya pada foto mode portrait dengan bokeh. Nah, pelanggan Google One bisa menggunakan fitur ini untuk lebih banyak jenis foto. 

Harga langganan Google One sendiri dibanderol mulai dari Rp26.900 per bulan. Di Indonesia, Google Photo v5.18 sendiri belum tersedia di Google Play Store. Bagi kamu yang ingin berjaga-jaga, tidak ada salahnya untuk berlangganan Google One untuk mendapatkan tambahan ruang penyimpanan sebanyak 100GB. 

Sampai saat ini, selain Color Pop, belum diketahui fitur edit apa lagi yang dikhususkan Google bagi pelanggan Google One. 
 

Share
×
tekid
back to top