sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 02 Sep 2022 14:05 WIB

Google berencana hadirkan dukungan komunikasi satelit di Android 14

Google diperkirakan bakal menghadirkan fitur komunikasi satelit untuk sistem operasi Android 14 yang akan datang.

Google berencana hadirkan dukungan komunikasi satelit di Android 14

Google dilaporkan tengah berencana untuk menghadirkan fitur komunikasi satelit pada sistem operasi mereka yang akan datang. Kabar ini beredar tak lama setelah adanya rumor terkait dukungan fitur komunikasi satelit pada seri iPhone 14. 

Fitur komunikasi satelit ini kemungkinan akan dihadirkan Google untuk sistem operasi Android 14 mendatang. Melansir XDA Developers (2/9), perusahaan tersebut saat ini diprediksi tengah menyiapkan desain untuk fitur baru tersebut. 

Lebih lanjut, kabar ini pertama kali diungkap oleh Senior Vice President of Android, Chrome OS, and Chromecast di Google, Hiroshi Lockheimer. Lewat cuitan di akun Twitter pribadinya, Lockheimer mengisyaratkan, Google tengah mendesain komunikasi satelit. Selain itu, ia mengungkap, perusahaan juga antusias mendukung mitra dalam mengaktifkan fitur tersebut untuk versi Android berikutnya. 

Sebagai salah satu anggota pendiri tim Android, Lockheimer juga mengenang sejumlah kesulitan pada cuitan tersebut. Salah satunya yakni kesulitan memasukkan Wi-Fi dan 3G di T-Mobile G1, yang merupakan handset Android konsumen pertama yang pernah dirilis pada 2008.

“Ketika kami meluncurkan G1 di 2008, sangat sulit untuk membuat 3G + Wifi berfungsi. Sekarang kami sedang merancang untuk satelit,” ujar Lockheimer. 

Kabar terkait kehadiran fitur komunikasi satelit ini bergulir setelah T-Mobile dan SpaceX mengumumkan kemitraan untuk meluncurkan satelit guna mendukung konektivitas perangkat yang berada di luar jaringan seluler. Nantinya, layanan ini akan mendukung akses ke SMS, MMS, dan sejumlah aplikasi perpesanan tertentu. 

Belum diketahui apakah operator atau perusahaan lain akan bergabung pada layanan komunikasi satelit. Meski begitu, menurut XDA Developers, komitmen Google terhadap teknologi tersebut tampaknya merupakan langkah awal yang baik untuk mengadopsinya secara luas. 

Di sisi lain, laporan dari Sammobile mengungkap, pihak Google bakal mulai bertransisi ke Android 14 beta pada Maret 2023. Pernyataan tersebut mengisyaratkan jika pratinjau non-pengembang Android 14 pertama bakal bisa dilihat pengguna pada April 2023. 
 

Share
×
tekid
back to top