sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Rabu, 19 Jun 2024 14:08 WIB

Google rilis Android 15 Beta 3: Capai stabilitas platform dan mulai diluncurkan ke pengguna

Beta 3 menghadirkan sejumlah fitur baru dan perubahan signifikan, termasuk integrasi dengan Credential Manager untuk autofill.

Google rilis Android 15 Beta 3: Capai stabilitas platform dan mulai diluncurkan ke pengguna

Google secara resmi meluncurkan versi beta ketiga dari sistem operasi Android 15, yang telah mencapai stabilitas platform. Langkah ini menjadi sinyal penting menuju peluncuran resmi Android 15 yang diharapkan akan terjadi akhir tahun ini.

Dilansir dari Phone Arena (19/6), Versi Beta 3 ini, dengan build nomor AP31.240517.022, menandai bahwa API internal dan eksternal serta perilaku aplikasi yang menghadap pengguna sudah final. Google mendorong para pengembang aplikasi untuk mulai melakukan pengujian kompatibilitas akhir agar aplikasi mereka siap untuk peluncuran resmi.

Beta 3 menghadirkan sejumlah fitur baru dan perubahan signifikan, termasuk integrasi dengan Credential Manager untuk autofill, pendaftaran dan masuk satu ketukan dengan prompt biometrik, serta penghentian penggunaan WebSQL di Android WebView. Selain itu, terdapat berbagai perbaikan untuk bug yang ada pada versi beta sebelumnya. Berikut adalah beberapa perbaikan utama:

  1. Penyelesaian masalah pada metode setDiscoveryTechnology yang tidak menonaktifkan polling. (Issue #341196917)
  2. Perbaikan pada sistem sharesheet yang tidak memuat dalam beberapa kasus. (Issue #340936670)
  3. Penyelesaian crash pada aplikasi Pengaturan sistem saat mengakses opsi screen saver. (Issue #340917853)
  4. Perbaikan pada ikon buka kunci layar yang terkadang muncul saat notifikasi ada di layar. (Issue #340923963)
  5. Penyelesaian masalah yang mencegah perubahan pada pengaturan keamanan jaringan seluler. (Issue #335438231)
  6. Penyelesaian crash pada Simpleperf saat menjalankan profil CPU di Android Emulator.
  7. Perbaikan masalah pemindaian Bluetooth LE yang tetap aktif setelah aplikasi crash.
  8. Penyelesaian bug pada iklan Bluetooth LE yang tidak mengembalikan ADVERTISE_FAILED_DATA_TOO_LARGE ketika data tanggapan pemindaian melebihi 31 byte.
  9. Penyelesaian kegagalan koneksi LE pada server GATT dengan melewatkan jenis alamat dari BluetoothGattServer.connect ke native.

Android 15 Beta 3 tersedia untuk berbagai perangkat Pixel, termasuk Pixel 8a, Pixel 8, Pixel 8 Pro, Pixel 7a, Pixel 7 Pro, Pixel 7, Pixel 6a, Pixel 6 Pro, Pixel 6, Pixel Fold, dan Pixel Tablet. Pengguna yang terdaftar dalam Program Beta Android akan menerima pembaruan over-the-air (OTA) secara otomatis.

Meskipun demikian, Google mengingatkan bahwa Android 15 masih dalam tahap pengembangan aktif. Beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan pengguna dianjurkan untuk melaporkan setiap masalah yang mereka temui melalui aplikasi Android Beta Feedback atau melalui komunitas Android Beta.

Belum ada tanggal pasti yang diumumkan Google untuk peluncuran resmi Android 15. Namun, dengan Beta 3 yang telah mencapai stabilitas platform, peluncuran resmi diharapkan akan terjadi pada akhir tahun ini.

Share
×
tekid
back to top