sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Kamis, 20 Jun 2024 14:11 WIB

Android 15 Beta 3 perkenalkan fitur "Adaptive Timeout" yang belum berfungsi optimal

Fitur ini diharapkan dapat meningkatkan kontrol waktu layar pada perangkat Android, yang saat ini memungkinkan pengguna memilih durasi antara 15 detik hingga 30 menit.

Android 15 Beta 3 perkenalkan fitur

Google kembali menghadirkan pembaruan menarik melalui Android 15 Beta 3 dengan memperkenalkan fitur baru bernama "Adaptive Timeout". Meski menjanjikan, fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum sepenuhnya berfungsi.

Dilansir dari Phone Arena (20/6), fitur "Adaptive Timeout" pertama kali terlihat dalam pengembangan pada April lalu. Fitur ini diharapkan dapat meningkatkan kontrol waktu layar pada perangkat Android, yang saat ini memungkinkan pengguna memilih durasi antara 15 detik hingga 30 menit untuk waktu tunggu layar.

Secara umum, ponsel akan mengunci otomatis setelah periode tidak aktif berkat fitur "Screen Attention". Fitur ini menggunakan kamera depan untuk mendeteksi apakah pengguna masih melihat layar dan mencegah perangkat mengunci sesuai dengan pengaturan waktu yang dipilih. Namun, "Adaptive Timeout" bertujuan untuk mematikan layar secara otomatis jika ponsel tidak digunakan, melampaui fungsi "Screen Attention" yang hanya mencegah penguncian layar tanpa mematikannya.

Meskipun terlihat menjanjikan, pengujian awal menunjukkan bahwa fitur ini belum berfungsi dengan baik. Banyak pengguna melaporkan bahwa meskipun sudah mengaktifkan "Adaptive Timeout" di pengaturan, ponsel Pixel mereka tetap mengikuti pengaturan waktu layar standar. Hal ini menandakan bahwa fitur ini masih memerlukan pengembangan lebih lanjut.

"Versi Beta memang dirilis untuk menguji fitur-fitur baru dan memperbaiki bug, sehingga wajar jika beberapa fitur belum sempurna pada tahap ini," ujar salah satu juru bicara Google. Meskipun demikian, penambahan opsi "Adaptive Timeout" merupakan langkah penting dalam peningkatan kualitas hidup pengguna Android.

Pengguna diharapkan untuk bersabar dan memberikan masukan yang konstruktif selama periode pengujian ini. Fitur "Adaptive Timeout" diharapkan dapat berfungsi optimal pada rilis Android 15 yang final.

Penambahan fitur "Adaptive Timeout" pada Android 15 Beta 3 menunjukkan komitmen Google untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna. Meskipun saat ini fitur tersebut belum berfungsi sepenuhnya, pengguna dapat menantikan pembaruan selanjutnya yang diharapkan akan menyempurnakan fitur ini. Android 15 terus berkembang, dan para pengguna setia diharapkan terus memberikan masukan untuk menyempurnakan sistem operasi ini.

Share
×
tekid
back to top