sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Rabu, 27 Sep 2023 08:21 WIB

Google garap fitur Performance Panel untuk Chrome

Performance Panel kemungkinan merupakan bagian dari strategi Google yang lebih luas untuk menyoroti efisiensi.

Google garap fitur Performance Panel untuk Chrome

Google dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru yang disebut Performance Panel untuk Chrome di Windows 11 dan macOS. Panel tersebut diinformasikan akan memungkinkan pengguna untuk melacak memori peramban dan penggunaan CPU mereka, serta kinerja masing-masing tab.

Google telah mengerjakan beberapa perubahan terkait kinerja untuk Chrome baru-baru ini, termasuk tab discard control baru dan banyak lagi. Dilansir dari Gizmochina (27/9), Performance Panel kemungkinan merupakan bagian dari strategi perusahaan yang lebih luas untuk menyoroti efisiensi, kecepatan, dan keamanan perambannya.

Dalam sebuah postingan di forum bug Chromium, seorang insinyur Google mencatat bahwa tahap akhir perancangan panel baru ini berlangsung dan bahwa tim sedang “berusaha menyelesaikan desain untuk konten performance side panel baru dan perlu membuat prototipe bagaimana cara kartu kinerja yang berbeda akan ditampilkan. Untuk menyederhanakan pembuatan prototipe, kami memeriksa scaffolding untuk menemukan panel samping yang kosong.”

Performance Panel mirip dengan fitur penting peramban di Microsoft Edge. Salah satu fitur utama Performance Panel kemungkinan besar adalah Memory Saver. Jika diaktifkan, fitur ini akan memprioritaskan resource pada tab yang aktif, memastikan bahwa Chrome hanya menggunakan memori saat sedang aktif digunakan.

Misalnya, jika pengguna memiliki beberapa tab Instagram yang terbuka di Chrome, tetapi telah menggunakan tab YouTube selama beberapa menit terakhir, Chrome akan menghentikan memori dari tab Instagram yang tidak aktif untuk sementara. Memori yang dihentikan kemudian akan dibagikan ke YouTube dan fitur peramban lainnya.

Performance Panel juga dapat menyertakan fitur efisiensi baterai. Saat tingkat baterai perangkat pengguna turun hingga 20%, Google Chrome akan secara proaktif meminta pengguna untuk mengaktifkan mode hemat baterai.

Ini semua adalah fitur-fitur penting yang disertakan dengan peramban Edge. Dan merupakan kabar baik melihat Google mengerjakan fitur serupa untuk Chrome, karena ini akan memberi pengguna kontrol lebih besar terhadap cara perambannya menggunakan resource. Hal ini dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai, kinerja, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Share
×
tekid
back to top