sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Rabu, 07 Feb 2024 15:59 WIB

Google berencana hapuskan fitur Cache di Google Search

Pihak Google berencana menghapus fitur Cache di Google Search karena tak dianggap lagi relevan bagi pengguna.

Google berencana hapuskan fitur Cache di Google Search

Google dikabarkan akan menghapuskan fitur Cache dari Google Search mereka. Kabarnya, penghapusan ini dilakukan karena fitur yang satu ini dianggap sudah tak lagi relevan dengan pengguna saat ini.

Bagi kalian yang mungkin belum paham, sekedar informasi, Cache merupakan ruang penyimpanan data sementara di perangkat, baik itu gambar, file atau situs web yang disimpan otomatis pada perangkat. Jadi, waktu muat sebuah situs akan lebih cepat dengan pengorbanan ruang simpan di perangkat pengguna.

Menanggapi hal tersebut, Public Liaison for Search di Google, Danny Sullivan mengatakan fitur ini tidak lagi terikat pada pemuatan halaman lagi, dan kemungkinan besar akan dihentikan sepenuhnya.

“Fitur ini dimaksudkan untuk membantu orang mengakses halaman di pencarian sebelumnya, namun kalian sering kali tidak dapat bergantung pada pemuatan halaman,” Tulis Danny Sullivan dalam postingan di blok Google, seperti dilansir dari laman Engadget (7/2).

“Saat ini, segalanya jauh lebih baik. Jadi, diputuskan untuk menghentikannya.” sambungnya.

Walaupun saat ini banyak pengguna yang tidak menggunakan fitur tersebut, namun bagi Manajer SEO fitur ini masih sangat berguna. Mereka merasa kecewa karena fitur ini tidak akan bisa lagi untuk memeriksa kesalahan dan melihat pembaruan informasi pada halaman mereka.

Sebelumnya, pada fitur ini kalian bisa diaktifkan dengan mengklik menu tiga titik di pojok kanan dan akan muncul “tentang hasil ini”, namun kini fitur tersebut akan mulai diperbaiki sehingga tampilan halaman Google akan lebih canggih. Terlebih untuk tombol Cache sepertinya tidak akan ditampilkan lagi.

Salah satu pengguna SEO mengeluhkan kenapa fitur ini dihapus. “Ayolah, mengapa (cache) dihapus? ini sangat membantu untuk semua SEO,” ujarnya. Namun diperkirakan Google mungkin akan menambahkan tautan arsip ke internet dengan tombol mirip seperti Cache.

Namun, sepertinya hal ini masih diluar dari kesepakatan. “Kami tidak berjanji. Kami harus berbicara dengan mereka dan melihat bagaimana semuanya akan berjalan melibatkan orang-orang di luar. Tapi saya pikir itu akan menyenangkan jika dilakukan secara menyeluruh,” kata Danny.

Tag
Share
×
tekid
back to top