sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Senin, 27 Mei 2024 10:07 WIB

Google akan produksi prosesor Tensor G5 pakai teknologi TSMC

Berbeda dengan chip Tensor sebelumnya yang mengandalkan keahlian Samsung Foundry sejak debutnya, G5 dikabarkan akan beralih ke TSMC untuk proses fabrikasinya.

Google akan produksi prosesor Tensor G5 pakai teknologi TSMC

Kita telah mendengar rumor bahwa Google sendiri akan merancang chip Tensor G5 untuk Pixel 10 dan 10 Pro. Berbeda dengan chip Tensor sebelumnya yang mengandalkan keahlian Samsung Foundry sejak debutnya, G5 dikabarkan akan beralih ke TSMC untuk proses fabrikasinya.

Sekarang, publikasi Android Authority telah mendapatkan manifes pengiriman untuk sampel chip Tensor G5 yang diimpor ke India, mengonfirmasi bahwa Google beralih ke TSMC.

Dilansir dari Gizmochina (27/5), dokumen tersebut mengungkapkan beberapa detail tentang chip ini, termasuk nomor komponen Google (G313-09488-00), kategori produk (Integrated Circuit, System on a Chip), dan bahwa ini adalah produk baru.

Ini juga menegaskan bahwa TSMC adalah produsen SoC tersebut. Ada spekulasi bahwa ini adalah SoC Tensor G5 yang didukung oleh nama kode komponennya, LGA, yang merupakan singkatan dari “Laguna Beach”, yang diyakini sebagai nama kode untuk chipset Tensor generasi kelima.

Tanda lain TSMC membuat Tensor G5 terlihat pada dokumen yang mencantumkan InFO POP sebagai teknologi pengemasan yang digunakan pada chipset tersebut. Teknologi InFO POP eksklusif untuk TSMC.

Selain itu, dokumen tersebut mengonfirmasi bahwa chip itu lulus uji tingkat sistem (SLT) yang mensimulasikan fungsi dasar. Ini juga menyebutkan RAM POP (paket-on-paket) 16 GB, yang mungkin mengisyaratkan opsi memori serupa untuk seri Pixel 10 mendatang.

Mengingat kebocoran ini, jika ada pengguna yang berencana untuk mengupgrade ke ponsel Pixel tahun ini (seri Pixel 9), maka mungkin ingin menunggu Pixel 10 pada tahun 2025. Pixel 10 kemungkinan akan menampilkan chip yang lebih bertenaga dan disesuaikan yang dirancang oleh Google, menawarkan kinerja yang dioptimalkan untuk lini Pixel 10.

Share
×
tekid
back to top