Google akan pisah layanan Drive dan Photos bulan Juli

Semua file yang ada di Google Drive dan Google Photos tidak akan terpengaruh saat kedua layanan tersebut secara resmi dipisah.

Google akan pisah layanan Drive dan Photos bulan Juli Google Drive dan Google Photos

Selama beberapa tahun terakhir, Google telah mensinkronisasi layanan Google Photos dengan Google Drive. Para pengguna dapat menemukan backup foto mereka di layanan Google Drive, bukan di layanan penyimpanan foto mandiri.

Hal ini membuat para pengguna layanan tersebut bingung. Pengguna sering kali tidak dapat menemukan dimana Google menyimpan backup foto mereka karena mereka berpikir kedua layanan tersebut adalah layanan terpisah.


BACA JUGA

Google kembali hapus 85 aplikasi mengganggu dari Play Store

Google ketahuan uji fitur baru untuk Duo

Google Assistant bisa kirim reminder ke orang lain


Mendengar keluhan ini, pihak Google pun mengatakan akan melakukan perbaikan. “Kami telah mendengar umpan balik bahwa koneksi antara layanan ini membingungkan, jadi bulan depan, kami membuat beberapa perubahan untuk menyederhanakan pengalaman di Drive dan Foto,” kata manajer produk untuk Drive dan Photos, Dan Schlosser dan Jason Gupta seperti dikutip dari laman The Verge (13/6/2019).

Ketika perubahan tersebut berlaku pada bulan Juli mendatang, foto dan video yang pengguna tambahkan ke Drive tidak akan secara otomatis muncul di Google Photos, begitu juga sebaliknya. Selain itu, penghapusan file juga tidak akan disinkronkan di antara keduanya.

"Perubahan ini dirancang untuk membantu mencegah penghapusan file secara tidak sengaja di seluruh produk," tulis Schlosser dan Gupta. Memang, sistem saat ini memberikan celah bagi pengguna untuk mengacaukan sesuatu dan tanpa sadar kehilangan foto-foto penting jika mereka tidak hati-hati.

Google akan menawarkan cara baru bagi para pengguna untuk menyalin gambar atau video dari Drive to Photos dengan opsi "unggah dari Drive" yang datang ke situs web Google Photos. Namun, Anda akan memiliki dua versi file yang sama, tanpa ada keterkaitan di antara keduanya.

Tapi, ada sedikit harga yang harus dibayar para pengguna. Mereka tidak akan memiliki file dengan kualitas asli pada saat mereka menggandakan file ke Drive. Hal ini dikarenakan akan terjadi kompresi saat pengguna menduplikasikan file mereka.

Jika Anda masih menginginkan file berukuran asli di kedua tempat, solusi terbaik tampaknya menggunakan aplikasi Google Backup dan Sync untuk Windows atau Mac. Mereka mengatakan, file yang diunggah menggunakan Backup dan Sync dalam kualitas asli di kedua layanan hanya akan dihitung satu kali terhadap kuota pengguna.

Google menekankan bahwa tidak ada yang dihapus saat Google memisahkan kedua layanan tersebut. “Setiap foto atau video dari Drive di Photos yang telah Anda unggah sebelum perubahan ini akan tetap dalam Photos. Jika Anda memiliki folder Photos Foto Google di Drive, folder itu akan tetap berada di Drive, tetapi tidak akan lagi diperbarui secara otomatis,” kata Schlosser dan Gupta.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: