sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
Rabu, 27 Mei 2020 15:38 WIB

Facebook ganti nama Calibra jadi Novi

Novi sendiri merupakan gabungan dari dua kata Latin, yakni Novus dan Via, yang berarti ‘baru’ dan ‘jalan’

Facebook ganti nama Calibra jadi Novi
Source: Facebook

Facebook dilaporkan mengubah nama dompet digital Calibra menjadi Novi. Novi sendiri merupakan gabungan dari dua kata Latin, yakni Novus dan Via, yang berarti ‘baru’ dan ‘jalan’. Novi Financial akan menjadi nama baru bagi layanan Facebook yang mengembangkan dompet digital. 

Sebagaimana diketahui, Calibra merupakan layanan dompet digital yang diinisiasi oleh Facebook. Calibra akan digunakan untuk menyimpan mata uang digital bernama Libra. Sayangnya, proyek ini mendapat tekanan dari regulator di Facebook. Pasalnya layanan ini berpotensi dimanfaatkan untuk tindak kriminal. 

Karena hal itu pula, satu persatu perusahaan yang tergabung dalam Libra Association mulai mengundurkan diri. Kendati begitu, Facebook tetap bersikukuh untuk meneruskan proyek ini. Meskipun pada awalnya koin Libra tunggal akan ditetapkan sesuai dengan harga mata uang nasional, Facebook pada akhirnya berencana untuk mematoknya ke beberapa mata uang lain untuk dikombinasikan ke Libra. 

Dilansir dari TheVerge (27/5), dengan nama baru, Facebook juga memberikan logo baru pada dompet digital ini. Logonya hadir sederhana, dengan kata Novi berwarna biru. Logo Libra tetap ada, namun ditempatkan di dalam huruf O. 

Berubahnya nama ini tidak membuat Facebook mengalihkan tujuan awalnya. Dengan layanan ini, perusahaan tersebut berniat untuk memudahkan pengiriman uang layaknya mengirim pesan. Kabarnya Facebook berencana untuk membuat aplikasi sendiri untuk Novi. Ke depannya, aplikasi Novi juga akan terintegrasi dengan WhatsApp dan Messenger. 

Kendati hadir dengan nama baru, tantangan untuk Libra masih belum berhenti. Bahkan bisa dikatakan kalau layanan uang digital ini belum beranjak kemana pun. Facebook sendiri belum mengungkap kapan Novi atau Libra akan meluncur. 


 

Share
back to top