sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 25 Des 2023 14:07 WIB

Cara simpan foto di iPhone tanpa perlu takut kepenuhan memori

Sejumlah pengguna iPhone mungkin belum menyadari cara terbaik untuk menyimpan foto atau video di perangkatnya tanpa perlu ketakukan kehabisan memori penyimpanan.

Cara simpan foto di iPhone tanpa perlu takut kepenuhan memori
Sumber: Apple

Bagi pengguna iPhone sebaiknya mulai sekarang jangan dengan mudah menghapus foto atau video bila dirasa memori penyimpanan sudah kepenuhan. Sebab sebetulnya iPhone memiliki fitur yang dapat mengoptimalisasi memori penyimpanan supaya bisa menampung lebih banyak foto dan video tanpa memakan banyak ruang dalam memori perangkat.

Merujuk CNET (25/12), cara terbaik untuk melakukannya yakni dengan memanfaatkan fitur penyimpanan sementara atau permanen pada iPhone. Jadi pengguna perlu pergi ke menu pengaturan, lalu memilih opsi foto, dan aktifkan fitur 'Optimize iPhone Storage' pada perangkat.

Sebelum memakai fitur tersebut, pastikan pengguna sudah mengaktifkan menu pengaturan terkait iCloud Photos supaya proses optimalisasi tersebut bisa berjalan lancar. Proses tersebut setidaknya membutuhkan beberapa saat hingga selesai, namun tentunya tidak akan terlalu lama sebab tergantung dengan sedikit atau banyaknya jumlah foto yang ingin dioptimalisasi.

Bila foto sudah terintegrasi dengan iCloud, maka secara otomatis resolusinya akan diperkecil namun bukan berarti pengguna tidak dapat mengakses foto seperti sedia kala. Sebab pengguna hanya perlu membuka menu 'Photo app' dan memilih foto yang telah dioptimalisasi untuk diunduh kembali sehingga resolusinya kembali seperti semula.

Proses ini tentunya memerlukan konektivitas atau jaringan yang cukup stabil serta kapasitas penyimpanan iCloud yang cukup untuk pengalaman yang lebih baik. Bila pengguna belum memiliki kapasitas penyimpanan iCloud yang cukup, maka pengguna disarankan untuk melakukan minimal upgrade dengan berlangganan 1 USD (sekitar (Rp15 ribu) setiap bulannya untuk tambahan 50 GB memori penyimpanan.

Cara melakukan upgrade iCloud cukup mudah yakni dengan masuk ke menu pengaturan, lalu pilih nama akun perangkat, dan menuju iCloud, kemudian pilih opsi 'Manage Account Storage', selanjutnya klik 'Buy More Storage'. Di sana pengguna dapat memilih berbagai macam pilihan untuk berlangganan atau membeli memori tambahan pada iCloud yang telah tersedia.

Tidak hanya itu, selain melakukan optimalisasi pada foto serta video, pengguna juga dapat melakukan offload pada aplikasi yang telah terinstal di perangkat. Hal ini dapat menghemat memori penyimpanan pada perangkat pengguna tanpa harus menghapus data aplikasi yang telah dimiliki sebelumnya.

Untuk melakukan offload app caranya cukup sederhana yakni pengguna perlu menuju menu pengaturan, setelah itu pilih 'General', dan terakhir pilih opsi 'iPhone Storage'. Dalam menu tersebut, pengguna dapat memilih aplikasi mana saja yang ingin dilakukan offload tanpa perlu menghapus data atai riwayat sebelumnya, setelah memilih pengguna tinggal memilih menu offload app

 

Share
×
tekid
back to top