sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 24 Sep 2020 17:12 WIB

Cara pakai fitur baru Instagram, caption otomatis di IGTV

Fitur Auto-Captioning tidak hanya menghemat waktu untuk brand dan bisnis, namun juga menjadi cara agar profil Instagram menjadi lebih inklusif.

Cara pakai fitur baru Instagram, caption otomatis di IGTV

Instagram selalu memberikan hal baru bagi penggunanya. Setiap waktu, pengguna Instagram mengakses aplikasi tersebut dimana pun dan kapan pun mereka berada. Entah untuk membagikan momen-momen indah maupun sekedar melihat-lihat apa yang terbaru dalam aplikasi itu. Berdasarkan survei dari NapoleonCat, terdapat 77,19 juta pengguna Instagram di Indonesia hingga saat ini. 

Memang banyak sekali hal menarik yang terdapat di Instagram. Oleh karena itu, aplikasi tersebut memberikan banyak fitur baru untuk digunakan oleh penggunanya. Salah satu fitur terbaru di Instagram adalah Auto-Captioning yang memungkinkan penambahan caption atau subtitle pada IGTV secara otomatis. Dukungan fitur baru ini bahkan bisa diterapkan hingga 16 bahasa. 

Fitur Auto-Captioning tidak hanya menghemat waktu untuk brand dan bisnis, namun juga menjadi cara agar profil Instagram menjadi lebih inklusif. Berikut Tek.id rangkum cara menggunakan fitur Auto-Captioning di Instagram TV.

  • Buka pengaturan Instagram kalian dan ketuk "Akun" (“Account”)
  • Ketuk "Teks" (“Caption”) dan aktifkan "teks yang dibuat secara otomatis" (“auto-generated captions”)

Cara pakai fitur baru Instagram

  •  Setelah kalian mengaktifkan teks yang dibuat secara otomatis di aplikasi Instagram, kalian juga harus mengaktifkan teks otomatis di pengaturan IGTV juga
  • Unggah video IGTV kalian seperti biasa
  • Setelah kalian mengunggah dan memilih foto sampul atau cover, ketuk "Pengaturan Lanjutan" (“Advanced Settings”) di bagian bawah
  • Aktifkan "Teks Otomatis" (“Auto-Generated Captions”) 

Cara pakai fitur baru Instagram

  • Pilih "Selesai" (“Done”).

Dengan cara itu IGTV kalian akan memiliki caption hitam dan putih di sepanjang bagian bawah layar IGTV. Namun demikian, caption otomatis ini tidak akan seketika muncul ketika kamu mengunggah video IGTV. Pasalnya, Instagram membutuhkan waktu untuk memproses penambahan caption tersebut. 

Fitur ini sangat bermanfaat bagi brand maupun bisnis lainnya. Sebab, menambahkan teks ke IGTV adalah langkah sederhana dan efektif yang dapat diambil brand atau bisnis untuk memungkinkan mereka yang tunarungu dan kesulitan mendengar dapat terlibat dan menikmati konten kalian.

Selain itu, menurut survei terdapat 85% video di Facebook ditonton tanpa suara. Dengan demikian, fitur ini membuat konten kalian mudah dicerna tanpa audio. Hal tersebut juga berlaku untuk Instagram, bila konten kalian menarik maka konten tersebut berpeluang besar untuk dilihat langsung oleh pengguna. 

Fitur Auto-Captioning juga akan membantu pengguna mendapatkan lebih banyak penonton ketika konten IGTV tampil di preview aplikasi Instagram.

Share
×
tekid
back to top