Besok rilis, bocoran AMD Ryzen 9 3950X mencuat

AMD Ryzen 9 3950X akan menjadi prosesor mainstream dengan 16 core dengan TDP terendah pada saat ini.

Besok rilis, bocoran AMD Ryzen 9 3950X mencuat Ryzen (AMD)

Ajang E3 2019 sudah dimulai. Berbagai vendor, seperti Microsoft, Bethesda, CD Projekt Red, dan lainnya sudah memperkenalkan banyak gim dan konsol gim jagoan mereka kepada para penggemar gim di seluruh dunia.

Namun, ada satu vendor yang sangat dinantikan kehadirannya dalam ajang E3 2019, yakni AMD. Hal ini dikarenakan mereka akan memperkenalkan beberapa produk terbaru mereka, termasuk prosesor Ryzen seri 3000 dan Radeon Navi.


BACA JUGA

AMD segera hadirkan platform yang dukung PCIe 5.0

AMD perkenalkan motherboard X570 baru

Lima Ryzen baru dikenalkan di Computex 2019


Tapi, sehari sebelum mereka memperkenalkan produk terbaru mereka, berbagai bocoran sudah mencuat. Salah satunya adalah bocoran mengenai prosesor mainstream terkencang milik AMD, yakni seri Ryzen 9.

Wccftech (10/6) melaporkan, prosesor yang informasinya telah bocor adalah Ryzen 9 3950X. Ini merupakan prosesor ‘gaming’ pertama yang memiliki 16 core dan 32 thread, mengalahkan prosesor milik Intel.

CPU ini memiliki kecepatan clock turbo hingga di angka 4,7Ghz, dengan clock dasar 3,5GHz. Prosesor monster ini menggunakan dua die Zen 8-core untuk mendapatkan kecepatan clock turbo yang tinggi ini. Meski demikian, mereka masih dapat mempertahankan TDP 105W.

Hal ini membuat prosesor ini menjadi prosesor mainstream dengan inti prosesor di atas 10 inti terhemat saat ini. Pesaing mereka, yakni Intel i909960X yang memiliki konfigurasi sama memiliki TDP hingga 165W, dan beroperasi di clock yang lebih rendah.

Kalau bocoran ini akurat, maka prosesor ini merupakan prosesor Ryzen tercepat yang pernah dimiliki oleh AMD. Dan tentunya. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan chipset prosesor yang menggunakan teknologi 7nm.

Selain itu, kabar mengenai akan digunakannya metode ‘solder’ untuk penghantar panas prosesor membuat para penggemar hardware gembira. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan metode tersebut, mereka dapat melakukan overclock prosesor AMD Ryzen seri 3000 lebih baik dari prosesor yang menggunakan thermal paste.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: