Berkat AR, pengguna bisa jajal lipstik di Instagram

Mulai hari ini beberapa perusahaan yang menjual produknya di Instagram akan bisa menambahkan fitur yang didukung teknologi Augmented Reality (AR).

Berkat AR, pengguna bisa jajal lipstik di Instagram

Mulai hari ini beberapa perusahaan yang menjual produknya di Instagram akan bisa menambahkan fitur yang didukung teknologi Augmented Reality (AR). Pada tahap awal, fitur ini akan terbatas untuk produk kosmetik seperti Mac dan Nars dan kacamata seperti Warby Parker dan Ray-Ban. Namun demikian, Instagram ke depannya berencana menyediakan fitur ini untuk lebih banyak merek.

"Instagram merupakan platform penting untuk menemukan produk, terutama dalam hal kecantikan. Sangat jelas bahwa Instagram berdampak pada pembelian baik itu yang terjadi secara online atau offline," kata Dina Fierro, Wakil Presiden Global Digital Strategy di Nars Cosmetics, salah satu mitra belanja awal Instagram. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Caption Instagram kece sambut Halloween

Instagram tambahkan beragam fitur terbaru di stories

Instagram hapus tab aktivitas pengikut


Fitur ini pada dasarnya merupakan perpanjangan dari fitur serupa di Facebook yang meluncur tahun lalu bersama merek-merek tertentu. Namun di Instagram, fitur ini dibangun di atas paltform Spark AR Facebook yang tampak sedikit lebih halus. Kemungkinan perusahaan telah mengembangkannya lebih lanjut atau mungkin mempertimbangkan estetika Instagram yang difokuskan pada visual.

Ada beberapa cara bagi pengguna instagram untuk mencoba fitur belanja baru ini. Pertama, pengguna bisa memeriksa produk tertentu yang telah ditandai (tagging) oleh suatu merek dalam postingan mereka. Pilih opsi untuk mencoba fitur itu melalui filter AR sebelum menambahkan produk ke keranjang. 

Instagram berharap fitur ini dibagikan ke pengguna lainnya melalui Stories, agar bisa ikut mencoba dan menghubungkannya ke produk yang didukung. Fitur ini memang terbilang menarik, terutama di Instagram mengingat minat penonton di Stories yang menitikberatkan visual. 

Fitur ini juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk kampanye Instagram. Fitur serupa juga sudah ditawarkan Shopee untuk beberapa produk kecantikan di platform-nya. Marketplace ini memungkinkan pengguna untuk mencoba produk kosmetik seperti Maybelline sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian.
 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: