sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Minggu, 18 Feb 2024 06:01 WIB

Berkat AI penjualan semikonduktor melejit dalam 20 tahun terakhir

Kecerdasan buatan (AI) membuat penjualan semikonduktor global mencapai angka tertinggi dalam dua dekade.

Berkat AI penjualan semikonduktor melejit dalam 20 tahun terakhir

Tingkat penjualan semikonduktor global saat ini mencapai rekor tertinggi. Informasi terbaru dari WSTS menunjukkan bahwa penjualan semikonduktor global baru-baru ini mencapai level tertinggi dalam 20 tahun terakhir.

Pada kuartal keempat tahun 2023, terjadi peningkatan penjualan komponen semikonduktor global sebesar 8,4% dibandingkan kuartal sebelumnya dan peningkatan signifikan sebesar 11,6% dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Dilansir dari Gizmochina (18/2), faktor signifikan yang berkontribusi terhadap tren peningkatan penjualan semikonduktor adalah prevalensi kecerdasan buatan (AI). AI kini menjadi bagian integral dari kehidupan kita, dan penggunaannya tersebar luas di hampir semua sektor.

Namun, penting untuk dicatat bahwa pengoperasian perangkat lunak berbasis AI memerlukan banyak sumber daya, sehingga perusahaan harus menghadapi tantangan terkait bandwidth memori yang tinggi. Lonjakan penjualan perangkat semikonduktor, khususnya di bidang penyimpanan, disebabkan oleh peningkatan chip penyimpanan.

Samsung berhasil memperoleh peningkatan pendapatan yang luar biasa sebesar 49% dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya, sementara SK hynix dan Micron mengalami lonjakan pendapatan masing-masing sebesar 24,1% dan 17,9%. Selama periode ini, pendapatan kolektif ketiga produsen tersebut melonjak sebesar 33%. Perusahaan yang mencatatkan pertumbuhan pendapatan selama periode ini adalah MediaTek (17,7%), Qualcomm (14,2%), dan NVIDIA (10,4%).

Setelah mengalami penurunan sejak tahun 2021, tingkat penjualan semikonduktor global mengalami peningkatan yang signifikan pada kuartal terakhir tahun 2023. Meningkatnya adopsi AI diperkirakan akan semakin mendorong peningkatan penjualan semikonduktor. NVIDIA, produsen chip AI terpenting yang terkemuka, juga mengalami lonjakan besar dalam nilai sahamnya.

Share
×
tekid
back to top