Begini cara hapus pesan terkirim di Facebook Messenger

Di Facebook, Anda bisa menghapus pesan yang telah terkirim dengan batasan waktu 10 menit. Lebih dari tenggat waktu tersebut opsi menghapus pesan tak akan bisa digunakan.

Begini cara hapus pesan terkirim di Facebook Messenger (Foto: Digital Trends)

Facebook telah meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna menghapus pesan yang sudah terkirim. Fitur ini akan membantu Anda meminimalisir pesan yang salah terkirim atau mengurangi kekeliruan pesan yang mungkin salah ketik (typo).

Di Facebook, Anda bisa menghapus pesan yang telah terkirim dengan batasan waktu 10 menit. Lebih dari tenggat waktu tersebut opsi menghapus pesan tak akan bisa digunakan. Facebook memberikan dua opsi, pertama menghapus untuk semua dan menghapusnya untuk Anda saja. Dengan memilih "Hapus untuk Semua Orang", maka pesan itu akan terhapus dan tak lagi terbaca oleh Anda maupun oleh si penerima pesan.


BACA JUGA

Facebook luncurkan fitur pengingat film

Facebook mungkinkan siapa saja buat filter wajah Instagram

Aplikasi Facebook di Android bakal punya mode gelap


Dilansir The Verge (6/2), fitur ini sudah tersedia di Facebook Messenger versi iOS dan Android. Lantas bagaimana cara menggunakan fitur hapus pesan terkirim di Facebook Messenger?

Menghapus pesan Facebook Messenger serupa dengan di WhatsApp. Langkah pertama, pilih pesan yang akan dihapus. Tahan pesan itu cukup lama hingga muncul beberapa opsi. Dari situ Anda akan melihat opsi hapus.

Pilih opsi hapus untuk menghapus pesan. Kemudian Anda akan melihat opsi untuk memastikan pesan terhapus bagi Anda saja atau bagi semua orang. Pilih opsi "Hapus untuk Semua Orang". Dengan memilih opsi itu, pesan yang terkirim akan terhapus dan tak bisa lagi terlihat oleh semua orang. Kendati hilang, akan muncul keterangan bahwa pesan itu dihapus sebagaimana di WhatsApp.

Fitur hapus pesan sebelumnya merupakan fitur yang eksklusif bagi petinggi Facebook - Mark Zuckerberg. April tahun lalu diketahui pesan Zuck hilang secara misterius. Ketika ditanya, Facebook mengonfirmasi pesan itu sudah habis masa berlakunya.

Setelah orang-orang mengetahui Zuckerberg mampu menghapus pesan Facebook padahal fitur serupa tak dimiliki pengguna, mereka meminta perusahaan untuk memberikan fitur hapus pesan ke pengguna umum. Di hari yang sama, Facebook mengumumkan akan merancang fitur "hapus pesan terkirim" untuk semua pengguna dalam beberapa bulan mendatang.

Kini fitur itu sudah tersedia di WhatsApp dan Facebook Messenger. Raksasa media sosial itu mengatakan kemampuan baru fitur itu didasarkan pada kemampuan Zuckerberg sebelumnya. Namun dikatakan fitur untuk pengguna mengalami beberapa perbaikan guna memberikan fungsionalitas yang lebih baik.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: