sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Rabu, 17 Apr 2024 08:00 WIB

Baidu umumkan sistem operasi Wanyuan, tawarkan komputasi awan yang lebih pintar

Dalam ajang Create AI Developer Conference 2024 yang diadakan di Shenzhen, Baidu mengumumkan peluncuran inovasi terbarunya: sistem operasi komputasi cerdas “Wanyuan”.

Baidu umumkan sistem operasi Wanyuan, tawarkan komputasi awan yang lebih pintar

Dalam ajang Create AI Developer Conference 2024 yang diadakan di Shenzhen, Baidu mengumumkan peluncuran inovasi terbarunya: sistem operasi komputasi cerdas “Wanyuan”. Sistem baru ini menandai perubahan signifikan dalam lanskap komputasi awan, dengan fokus pada komputasi cerdas sebagai intinya.

Sistem operasi Wanyuan, yang dipersembahkan oleh Shen Dou, Wakil Presiden Eksekutif Baidu Group dan Presiden Baidu Smart Cloud Business Group, bertujuan untuk menyederhanakan dan meningkatkan pengalaman pengembangan aplikasi asli AI. Dengan mengabstraksi dan merangkum kompleksitas sistem cloud-native dan kekuatan komputasi yang heterogen, Wanyuan berjanji untuk merevolusi cara pengembang berinteraksi dengan platform komputasi.

Shen Dou menekankan bahwa sistem komputasi awan tradisional masih relevan namun tidak lagi menjadi pusat perhatian. Dengan maraknya komputasi cerdas, terdapat kebutuhan akan sistem operasi baru yang dapat mendefinisikan kembali interaksi manusia-komputer dan memberikan pengalaman pengembangan yang lebih lancar kepada pengembang.

Dilansir dari Gizmochina (17/4), Wanyuan memiliki tiga lapisan: Kernel, Shell, dan Toolkit. Pada tingkat kernel, platform komputasi heterogen Baige AI Baidu telah dioptimalkan untuk tugas-tugas seperti pelatihan model besar dan inferensi. Ini mencapai efisiensi dan kinerja yang mengesankan, memimpin industri dalam efisiensi daya komputasi.

Wanyuan juga mendukung kompatibilitas dengan chip AI mainstream, memungkinkan pengguna untuk mengadaptasi daya komputasi dengan biaya minimal. Fleksibilitas ini mengatasi tantangan penggunaan banyak chip dalam skenario pelatihan model, memastikan kelancaran kinerja dan efektivitas biaya.

Sistem operasi tersebut juga menggabungkan model-model besar, yang secara efisien memampatkan sejumlah besar pengetahuan dunia dan merangkum pemahaman bahasa alami. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memenuhi beragam kebutuhan dalam skenario bisnis yang berbeda.

Pada lapisan Shell, sistem itu menyediakan alat untuk manajemen model, penjadwalan, dan pengembangan, sehingga melindungi pengembang dari kompleksitas pengembangan model. Fungsi orkestrasi alur kerja memungkinkan kustomisasi proses bisnis dengan mudah, sementara layanan perutean model mengoptimalkan pemilihan model untuk berbagai tugas, mengurangi biaya inferensi hingga 30%.

Wanyuan mewakili langkah maju yang signifikan dalam evolusi sistem operasi komputasi cerdas. Dengan menyederhanakan proses pengembangan dan meningkatkan kinerja, Baidu bertujuan untuk memberdayakan pengembang dan perusahaan untuk membuka kemungkinan-kemungkinan baru dalam aplikasi asli AI.

Share
×
tekid
back to top