sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 12 Mar 2024 18:47 WIB

AS berikan TSMC USD5 miliar untuk pabrik chip Arizona

Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) akan mendapatkan izin federal dalam jumlah besar yang melebihi $5 miliar dari pemerintah AS.

AS berikan TSMC USD5 miliar untuk pabrik chip Arizona

Dalam upaya untuk meningkatkan produksi semikonduktor secara signifikan di Amerika Serikat, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) akan mendapatkan izin federal dalam jumlah besar yang melebihi $5 miliar dari pemerintah AS. Diberitakan oleh Bloomberg News via Gizmochina (12/3) izin ini dimaksudkan untuk memfasilitasi pendirian fasilitas pembuatan chip mutakhir di Arizona.

Investasi penting ini, yang merupakan bagian dari komitmen TSMC sebesar $40 miliar terhadap pabrik di Arizona, merupakan salah satu investasi asing terbesar dalam sejarah AS. Dukungan dari pemerintah AS datang sebagai bagian dari inisiatif lebih luas yang diuraikan dalam Undang-Undang CHIPS AS, yang telah mengalokasikan dana sebesar $52,7 miliar untuk meningkatkan produksi semikonduktor dalam negeri.

Berdasarkan Undang-undang yang sama, pemerintahan Biden baru-baru ini memberikan $1,5 miliar kepada GlobalFoundries, produsen chip kontrak terkemuka lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan produksi chip di negara tersebut guna mengatasi kekurangan pasokan global yang sedang terjadi, yang berdampak pada industri yang bergantung pada chip kecerdasan buatan (AI) mutakhir.

Proses manufaktur TSMC yang canggih merupakan bagian integral dalam produksi chip terkemuka di industri, termasuk yang digunakan oleh raksasa teknologi Nvidia. Namun, perusahaan ini harus menghadapi tantangan untuk memenuhi peningkatan permintaan, terutama untuk kemasan canggih, yang telah menghambat peningkatan pasokan chip AI yang kompleks.

Meskipun langkah AS untuk mendukung upaya TSMC di Arizona merupakan langkah yang signifikan, hal ini merupakan bagian dari strategi global yang lebih luas untuk raksasa semikonduktor tersebut. Pada tahun 2023, TSMC menerima subsidi besar dari Tiongkok dan Jepang, dengan total lebih dari $1,5 miliar, untuk mendukung upaya ekspansinya di negara-negara tersebut.

Di Tiongkok, TSMC memperluas pabrik wafer di Nanjing, sementara di Jepang, melalui perusahaan patungannya, Japan Advanced Semiconductor Manufacturing (JASM), TSMC menjalankan proyek ambisius di Kumamoto.

Investasi JASM di Jepang, yang didukung oleh izin besar dari pemerintah Jepang, menegaskan skala global operasi TSMC dan kemitraan strategisnya di berbagai wilayah. Selain itu, rencana TSMC untuk mendirikan pabrik wafer di Jerman, yang dijadwalkan dibuka pada tahun 2027, semakin menyoroti ambisi ekspansi globalnya.

Secara keseluruhan, upaya TSMC, yang mencakup berbagai benua, mencerminkan peran penting industri semikonduktor dalam mendukung berbagai sektor, mulai dari otomotif hingga komputasi berkinerja tinggi. Dengan dukungan besar dari pemerintah baik di AS maupun di luar negeri, TSMC siap memainkan peran penting dalam membentuk masa depan produksi semikonduktor di seluruh dunia.

Share
×
tekid
back to top