sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Rabu, 05 Jun 2024 14:04 WIB

Arm pede luncurkan 100 miliar perangkat untuk AI di 2025

Arm Holdings berencana meluncurkan 100 miliar perangkat Arm pada tahun 2025. Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi yang lebih luas untuk menjadikan Arm sebagai pemain kunci di pasar chip AI yang berkembang pesat.

Arm pede luncurkan 100 miliar perangkat untuk AI di 2025

Arm Holdings berencana meluncurkan 100 miliar perangkat Arm pada tahun 2025. Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi yang lebih luas untuk menjadikan Arm sebagai pemain kunci di pasar chip AI yang berkembang pesat, yang diproyeksikan akan tumbuh dari $30 miliar pada tahun 2024 menjadi lebih dari $200 miliar pada tahun 2032.

Untuk mencapai hal ini, Arm akan membentuk divisi chip AI khusus. Divisi ini bertujuan untuk memproduksi prototipe pada musim semi 2025 dan memulai produksi massal pada musim gugur tahun yang sama.

Manufaktur akan dikelola oleh produsen kontrak, termasuk potensi kolaborasi dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Corp (TSMC) dan lainnya. Biaya pengembangan chip AI ini diperkirakan mencapai ratusan miliar yen, dengan dukungan finansial dari Arm dan kontribusi dari SoftBank.

Secara strategis, ada kemungkinan bisnis chip AI dapat dipisahkan dan diintegrasikan ke dalam SoftBank setelah produksi massal berjalan. Langkah ini sejalan dengan visi CEO SoftBank Masayoshi Son untuk mengubah SoftBank menjadi pembangkit tenaga AI.

Son telah mengalokasikan investasi sebesar $64 miliar untuk mendorong inovasi di berbagai sektor, termasuk pusat data, robotika, dan pembangkit listrik. Dia membayangkan mengintegrasikan teknologi AI, semikonduktor, dan robotika untuk merevolusi industri seperti pelayaran, farmasi, keuangan, manufaktur, dan logistik.

Dilansir dari Gizmochina (5/6), Arm menyoroti target mereka untuk memiliki 100 miliar perangkat Arm di seluruh dunia pada akhir tahun 2025, dengan menekankan peran perangkat yang mendukung AI. Selain itu, Arm juga meluncurkan desain chip AI baru dan perangkat lunak yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan AI di ponsel pintar.

Desain baru tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja komputasi dan grafis sebesar lebih dari 30% dan mempercepat inferensi AI sebesar 59% untuk pembelajaran mesin dan tugas-tugas visi komputer.

Strategi Arm mencakup penyediaan cetak biru yang siap diproduksi, yang merupakan penyimpangan dari pendekatan sebelumnya yang menawarkan desain abstrak. Pergeseran ini bertujuan untuk mempercepat proses pengembangan mitranya, seperti Samsung dan TSMC.

Samsung telah berkolaborasi dengan Arm pada teknologi proses 3nm untuk memenuhi permintaan AI generatif yang terus meningkat di perangkat seluler. TSMC bekerja sama dengan Arm untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi AI melalui ekosistem Platform Inovasi Terbuka mereka

Melalui inisiatif-inisiatif ini, Arm tidak memposisikan dirinya sebagai pesaing namun sebagai pendukung, membantu pelanggannya menghadirkan chip dan perangkat berbasis AI ke pasar dengan lebih cepat. Chris Bergey, General Manager Arm, mengungkapkan visi perusahaan untuk menggabungkan platform akselerator yang digabungkan secara erat dengan Neural Processing Unit (NPU) pelanggan untuk mendorong perkembangan pesat chip dan perangkat AI yang kuat.

Seiring dengan rencana Arm yang bergerak maju, Arm bertujuan untuk meraih pangsa pasar chip AI yang sedang berkembang dan memanfaatkan permintaan yang belum terpenuhi yang saat ini didominasi oleh Nvidia. Fokus perusahaan pada pengembangan chip AI merupakan langkah penting dalam strategi SoftBank yang lebih luas untuk memimpin revolusi AI dan mentransformasi berbagai industri melalui teknologi mutakhir.

Share
×
tekid
back to top