sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Selasa, 09 Apr 2024 15:44 WIB

Apple pecat 600 karyawan imbas gagalnya pengembangan mobil otonom dan layar Micro LED

Hampir 600 karyawan dari tim pengembangan Project Titan (Apple Car) dan MicroLED menanggung beban PHK terbesar.

Apple pecat 600 karyawan imbas gagalnya pengembangan mobil otonom dan layar Micro LED

Raksasa teknologi Apple telah mengkonfirmasi PHK lebih dari 600 karyawan menyusul penghentian dua inisiatif besar: proyek mobil otonom, yang dikenal sebagai Project Titan, dan pengembangan layar Micro LED.

Hampir 600 karyawan dari tim pengembangan Project Titan (Apple Car) dan MicroLED menanggung beban PHK terbesar. Tim layar Micro LED, yang menjadi titik fokus upaya Apple setelah mengakuisisi LuxVue Technology pada tahun 2014, menghadapi dampak besar. Dilansir dari Gizmochina (9/4), tantangan dalam produksi menyebabkan pembatalan layar Micro LED untuk Apple Watch awal tahun ini, yang mengakibatkan PHK.

Project Titan, proyek mobil otonom ambisius Apple, juga mengalami pemotongan yang signifikan. Meskipun dilaporkan memiliki tenaga kerja sekitar 2.000 karyawan yang didedikasikan untuk proyek tersebut, ini akhirnya dihentikan pada bulan lalu.

Keputusan tersebut diambil di tengah keragu-raguan internal di antara para eksekutif mengenai arah proyek dan kekhawatiran terhadap meningkatnya biaya. Beberapa karyawan dari tim Project Titan telah diserap ke dalam tim lain di Apple, khususnya yang berfokus pada pengembangan kecerdasan buatan (AI), sementara yang lain telah diminta untuk meninggalkan perusahaan.

Selain itu, PHK juga meluas hingga pengembangan Siri, seperti yang terlihat dalam pemberitahuan yang diajukan di San Diego. Pemberitahuan ini sejalan dengan laporan Apple yang menutup kantor operasi data Siri. Karyawan yang terkena dampak penutupan ini ditawari opsi relokasi ke Austin, Texas, yang juga menandakan adanya pergeseran fokus operasional Apple.

PHK tersebut menandai salah satu upaya restrukturisasi terbesar yang dilakukan Apple sejak puncak pandemi. Keputusan perusahaan untuk menyederhanakan proyek-proyeknya mencerminkan pergeseran strategis ke arah prioritas pengembangan AI, seiring upaya perusahaan untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya dalam lanskap teknologi yang berkembang pesat.

Meskipun Apple menolak berkomentar mengenai jumlah pasti karyawan yang terkena dampak PHK, spekulasi menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka yang terkena dampak terlibat dalam inisiatif pengembangan Project Titan dan Micro LED yang sekarang sudah tidak ada lagi. Namun, beberapa mantan karyawan dari proyek ini dilaporkan dialihkan untuk mendukung proyek AI perusahaan yang sedang berjalan.

Tindakan Apple baru-baru ini terjadi di tengah tantangan hukum yang sedang berlangsung, termasuk gugatan yang diajukan oleh Departemen Kehakiman atas tuduhan praktik anti-persaingan di pasar ponsel pintar. Terlepas dari hambatan-hambatan ini, Apple tetap fokus pada inovasi, dengan laporan yang menunjukkan adanya eksplorasi ke dalam pengembangan produk “robotika rumahan”, yang semakin mendiversifikasi portofolio produknya.

Seiring dengan terus berkembangnya industri teknologi, penataan kembali strategis Apple menyoroti tujuannya untuk tetap menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi sambil beradaptasi dengan perubahan dinamika pasar.

Share
×
tekid
back to top