sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Senin, 08 Jul 2024 12:07 WIB

Apple dikabarkan telah terima toko aplikasi milik Epic

Pada hari yang sama ketika Epic memposting rangkaian tweet tentang proses pengiriman aplikasi Apple, Epic kini mengatakan toko game-nya telah diterima oleh Apple.

Apple dikabarkan telah terima toko aplikasi milik Epic

Pada hari yang sama ketika Epic memposting rangkaian tweet tentang proses pengiriman aplikasi Apple, Epic kini mengatakan toko game-nya telah diterima oleh Apple. Perusahaan itu tidak memberikan komentar lebih lanjut selain satu tweet yang menyatakan bahwa “Apple telah memberi tahu kami bahwa pengajuan notaris Epic Games Store yang sebelumnya ditolak kini telah diterima.”

Tiga puluh menit kemudian, CEO Epic Tim Sweeney berkata, "Apple sekarang memberi tahu wartawan bahwa persetujuan ini bersifat sementara dan menuntut kami mengubah tombol di versi berikutnya - yang akan membuat toko kami menjadi kurang standar dan lebih sulit digunakan. Kami akan mengatasinya”, seperti dilansir dari Engadget (8/7).

Epic Games mengatakan bahwa Apple sekali lagi menolak pengajuannya untuk toko aplikasi pihak ketiga, menurut serangkaian postingan di X. Perusahaan mengatakan bahwa Apple menolak pengajuan terbaru mengenai desain dan posisi tombol “instal” pada aplikasi toko, mengklaim bahwa itu terlalu mirip dengan tombol "get" milik Apple. Apple juga diduga mengatakan label “in-app purchases” Epic terlalu mirip dengan labelnya sendiri dan digunakan untuk alasan yang sama.

Pembuat game Fortnite itu menyatakan bahwa ini hanyalah salah satu alasan dalam perselisihan yang telah berlangsung lama antara kedua perusahaan. Epic mengatakan bahwa mereka menggunakan konvensi penamaan “install” dan “in-app purchases” yang sama dengan yang ditemukan “di toko aplikasi populer di berbagai platform.” Mengenai bahasa desain, perusahaan tersebut menyatakan bahwa mereka “mengikuti konvensi standar untuk tombol di aplikasi iOS” dan bahwa mereka “hanya mencoba membangun toko yang mudah dipahami oleh pengguna mobile.”

Epic menyebut penolakan tersebut “sewenang-wenang, menghalangi, dan melanggar DMA.” Untuk mencapai tujuan tersebut, pihaknya telah menyampaikan kekhawatirannya kepada Komisi Eropa yang bertugas melacak potensi pelanggaran Undang-Undang Pasar Digital (DMA). Perusahaan tersebut masih menyatakan siap meluncurkan Epic Games Store dan Fortnite di iOS di UE dalam “beberapa bulan ke depan” selama Apple tidak memasang “penghalang jalan lebih lanjut”.

Ini hanyalah berita terbaru dari persaingan yang sudah berlangsung bertahun-tahun. Kedua perusahaan telah berselisih sejak Epic mulai menggunakan opsi pembayaran dalam aplikasinya sendiri di Fortnite versi iOS, yang menjauhkan Apple dari pemotongan 30 persen.

Hal ini menyebabkan perselisihan hukum yang panjang di AS mengenai pendekatan Apple terhadap toko aplikasinya. Epic menggugat Apple dan Apple melarang Epic. Seorang hakim mengeluarkan perintah permanen sebagai cara untuk memungkinkan pengembang menghindari pemotongan penjualan Apple sebesar 30 persen. Ini tidak memuaskan siapa pun.

Apple tidak senang, karena alasan yang jelas, dan Epic menentang bahasa perintah tersebut, yang tidak menyebut Apple melakukan monopoli. Kedua perusahaan mengajukan banding, dan akhirnya mengajukan banding ke Mahkamah Agung. Pengadilan memutuskan untuk tidak mendengarkan kasus tersebut.

Ketika kedua perusahaan terus berselisih di AS, UE meloloskan DMA yang disebutkan di atas. Hal ini memaksa Apple untuk mengizinkan etalase pihak ketiga pada perangkat iOS di Eropa. Sejak itu, Epic telah mencoba untuk menjalankan etalasenya tetapi mendapat penolakan dari Apple.

Share
×
tekid
back to top