sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Senin, 20 Jun 2022 15:38 WIB

Aplikasi Zoom di Chromebook dihapus mulai Agustus 2022

Dukungan aplikasi Zoom untuk laptop Chromebook bakal segera dihentikan oleh perusahaan pada Agustus 2022 mendatang.

Aplikasi Zoom di Chromebook dihapus mulai Agustus 2022
Zoom

Aplikasi Zoom untuk sistem operasi Chrome OS akan segera dihapus oleh pihak perusahaan. Keputusan ini bakal mulai diberlakukan pada bulan Agustus mendatang. 

Zoom mengungkap jika penghapusan aplikasi ini pada perangkat Chromebook ditujukan untuk memberikan penawaran yang lebih baik ke pengguna. Pihaknya juga telah mempersiapkan aplikasi pengganti dengan teknologi yang lebih baru untuk perangkat tersebut. 

“Aplikasi ini tidak akan lagi didukung secara resmi setelah Agustus 2022. Harap gunakan Zoom untuk Chrome PWA baru untuk bergabung ke rapat di Chrome OS,” tulis keterangan tersebut, seperti dikutip dari 9to5Google (20/6). 

Seperti diketahui, Zoom menghentikan aplikasinya di Chromebook karena alasan teknologi yang semakin tua. Kini perusahaan tersebut menyediakan aplikasi pengganti yaitu Zoom yang mendukung Progressive Web App (PWA) di Chromebook. 

Menurut keterangan 9to5Google, Zoom untuk Chrome PWA merupakan versi yang lebih lengkap daripada aplikasi aslinya yang ada di sistem operasi Windows dan macOS. Aplikasi ini disebut mempunyai UI dengan antarmuka yang lebih mutakhir seperti background yang dapat dibuat buram. 

Lebih lanjut, dukungan Zoom untuk Chrome PWA ini sudah dimulai sejak tahun 2021. Pada aplikasi ini perusahaan menghadirkan beberapa pembaruan teknologi yang lebih baru. Pasalnya, aplikasi Zoom yang lebih lawas menurut pihak perusahaan tidak akan relevan dalam penggunaan beberapa tahun mendatang. 

Meski pihak Zoom telah mengumumkan akan menghapus dukungan aplikasinya untuk laptop Chromebook, tampaknya pengguna masih dapat mengakses aplikasi lawas ini. Namun, waktu penggunaannya kemungkinan akan lebih terbatas daripada sebelumnya. 

Share
×
tekid
back to top