Aplikasi Allo juga ditutup Google

Setelah berencana menghentikan Hangouts, Google akan menutup aplikasi Allo. Padahal aplikasi perpesanan buatan Google itu baru dirilis pada September 2016 silam.

Aplikasi Allo juga ditutup Google (Foto: Google)

Setelah berencana menghentikan Hangouts, Google akan menutup aplikasi Allo. Padahal aplikasi perpesanan buatan Google itu baru dirilis pada September 2016. Ini menunjukkan bagaimana sulitnya Google memasarkan aplikasi perpesanan.

Raksasa teknologi itu mengatakan telah berhenti mengerjakan Allo sejak awal tahun ini, sebagaimana dilansir TechCrunch (6/12). Google mengumumkan bahwa aplikasi itu akan ditutup pada Maret 2019. 


BACA JUGA

Google bakal ajarkan pelafalan berbagai bahasa

Programmer muda ditemukan meninggal di kantor pusat Google

Google hapus 22 aplikasi ini dari Play Store


"Allo akan terus berfungsi hingga Maret 2019, setelah itu Anda bisa mengekspor semua riwayat percakapan yang ada dari aplikasi," demikian keterangan Google dalam posting-an blognya. 

"Kami telah belajar banyak dari Allo, terutama kemungkinan-kemungkinan ketika memasukkan fitur machine learning seperti Google Assistant ke perpesanan." 

Alih-alih meningkatkan kemampuan Allo, Google justru mendorong Rich Communication Services (RCS), yakni standar SMS yang disempurnakan. Standar itu memungkinkan komunikasi antar Android layaknya iMessage di Apple. 

Kala Allo dirilis, Google juga merilis Duo yang merupakan aplikasi obrolan video. Sebelumnya, Google memutuskan untuk menutup aplikasi Hangouts dan memigrasikan pengguna ke Hangouts Chat dan Meet di 2020.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: