Android Q punya fitur seperti 3D Touch Apple

Sejumlah fitur disiapkan Google dalam Android Q, salah satunya dukungan untuk melakukan deep press, fitur yang mirip dengan 3D Touch milik Apple.

Android Q punya fitur seperti 3D Touch Apple Source: Google

Android Q bakal menawarkan sejumlah fitur baru di ponsel Android. Salah satu fitur yang bakal hadir di sistem operasi baru ini adalah “deep press”. Fitur ini akan memanfaatkan sensitivitas layar untuk menjalankan beberapa fungsi.

Dilansir dari GSMArena (8/4), fitur ini akan mirip dengan 3D Touch yang dimiliki Apple. Untuk diketahui, dengan fitur 3D Touch, pengguna Apple dapat memanfaatkan perbedaan tekanan di layar guna menjalankan fungsi berbeda. Mudahnya, seperti klik kanan dan klik kiri pada mouse komputer.


BACA JUGA

11 smartphone Xiaomi masuk Android Q beta program

Huawei sudah keluar dari daftar dukungan Android Q versi beta

8 ponsel Huawei siap gunakan Android Q


Sama dengan fitur 3D Touch, “deep press” bakal memanfaatkan  layar yang sensitif terhadap sentuhan. Sejauh ini sudah ada beberapa implementasi yang bisa dikostum seperti fitur ini, namun Android Q akan memiliki dukungan asli untuk deep press. Fitur ini akan dimiliki Android Q setelah muncul penjabaran kode mendetail tentang Android Q.

Nantinya fitur long press dapat diakomodasi dengan memberikan tekanan lebih pada layar. Hal ini diklaim dapat semakin meningkatkan pengalaman menggunakan ponsel Android, terutama ketika hendak melakukan long press.

Bukan itu saja fitur yang bakal hadir di Android Q. Kabar lainnya, sistem operasi ini bakal memberikan wewenang pada penggunanya untuk membatalkan update aplikasi ke versi yang lebih lawas. Tak hanya itu, dukungan dark mode dan desktop mode pun akan hadir di sistem baru ini.

Namun, selain memberikan wewenang lebih pada penggunanya, Google juga memberikan wewenang lebih pada operator untuk mengendalikan jaringan pada ponsel penggunanya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: