Android Q bakal punya Dark Mode dan Desktop Mode

Android Pie belum diadopsi oleh semua perangkat Android, namun Google sudah menyiapkan suksesornya bernama Android Q.

Android Q bakal punya Dark Mode dan Desktop Mode Source: XDA Developers

Google sudah merilis Android Pie tahun lalu, namun hingga saat ini belum semua perangkat Android bisa menikmati sistem operasi ini. Kendati begitu, Google sudah menyiapkan suksesor bernama Android Q. Versi awal Android Q sudah diperoleh XDA Developers.

Sebagaimana laporan yang terdapat di XDA Developers (18/1), ada beberapa fitur besar yang bakal dihadirkan Google di Android Q. Setidaknya ada fitur dark mode dan desktop mode yang bakal hadir di sistem operasi terbaru besutan Google ini.


BACA JUGA

Kini Google Assistant bisa menemukan tempat parkir Anda

Google hentikan layanan Daydream VR dari Google Play Film & TV

Google akan pisah layanan Drive dan Photos bulan Juli


Mode gelap akan tersedia di menu Settings. Di menu tersebut, nantinya aka terdapat pilihan untuk selalu mengaktifkan mode ini, atau mengaturnya otomatis sesuai siklus siang dan malam. XDA Developers bahkan memberikan contoh tampilan ketika mode gelap diaktifkan. Seluruh aplikasi akan tampil dengan warna abu-abu kehitaman.

Menariknya, sistem operasi Android Q memiliki opsi untuk memaksakan mode gelap ada aplikasi yang mendukungnya. Sebagaimana diketahui, hingga saat ini belum banyak pengembang aplikasi yang menempatkan dukungan dark mode di aplikasinya. Nah, Google akan memaksakan mode gelap ini, sekalipun belum aplikasi yang bersangkutan tidak mendukung dark mode.

Dark mode dikatakan bakal menghemat baterai untuk smartphone yang menggunakan layar OLED.

Di samping dark mode, Android Q juga hadir dengan fitur desktop mode. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan display ponsel di layar lain. Sekilas fitur ini mirip dengan yang dihadirkan oleh Samsung Dex.

Sayangnya, XDA Developers mendapati bahwa fitur ini belum dapat digunakan, setidaknya untuk saat ini. Pasalnya, Android Q yang dimiliki oleh XDA Developers merupakan versi sangat awal diklaim masih terdapat banyak bug. Namun setidaknya, menu force desktop mode cukup memberi gambaran fitur apa yang akan dihadirkan Google di masa depan.

Belum diketahui kapan Google akan siap mengumumkan sistem operasi Android Q. Sejauh ini, Google masih mengembangkannya, terutama menambal celah keamanan yang mungkin terdapat dalam Android Q.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: