AMD luncurkan dua prosesor embedded kelas atas

AMD membawa kekuatan 'Zen' dan Vega untuk berbagai kekuatan pasar

AMD luncurkan dua prosesor embedded kelas atas AMD Embedded Prosessor

AMD meluncurkan dua prosesor baru yakni AMD EPYC Embedded 3000 dan AMD Ryzen Embedded V1000 yang mengusung arsitektur Zen core serta dukungan grafis Vega untuk memenuhi segala sektor industri saat ini. Karena hampir seluruh aplikasi teknologi mulai dari lampu lalu lintas, papan reklame digital, hingga peralatan medis membutuhkan prosesor andal dibaliknya.

Penggunaan arsitektur mikro Zen dan grafis Vega dirasa mampu untuk memenuhi kebutuhan pasar komputasi pengguna di semua lapisan. Threadripper disiapkan untuk perangkat high-end desktop (HEDT), lini Raven Ridge lebih ditujukan pada perangkat gaming esktrim berbudget rendah, dan EPYC disiapkan untuk pemrosesan kumpulan data di data center.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Bocoran Navi 14 mencuat, tandingi RX 570

AMD bakal punya GPU Navi high-end pesaing Nvidia RTX

Prosesor Ryzen mobile 7nm dan GPU Navi high-end segera hadir


Ryzen Embedded V1000 diklasifikasikan sebagai prosesor yang disiapkan untuk digunakan pada peralatan medis, sistem industrial, gim digital dan beberapa indsutri kecil lain. Prosesor ini memiliki konfigurasi 4-core dan 8-thread serta 11 Vega CU dengan kemampuan komputasi hingga 3,6 TFLOPS. Kebutuhan dayanya pun ditekan menjadi kisaran 12W sampai 54W saja.

Prosesor ini mendukung hingga 4 display bertaraf 4K, 5K, dengan h.265 encode/decode dan VP9 decode. Lalu dari konektivitasnya mendukung 16 PCIe, dual 10 GBe, SATA, NVMe dan jenis USB yang luas seperti USB 3.1 dan USB Type-C.

Sedangkan EPYC Embedded 3000 sesuai peruntukannya disiapkan untuk segmen tertentu, yakni komputasi server. Lini prosesor ini memiliki 4 hingga 16 core yang disiapkan untuk aplikasi storage, networking, hingga komputasi high-end. Oleh karena itu prosesor ini dibekali kemampuan input dan output dengan konektivitas 64 PCIe lane dan 8 channel 10 GBe.

EPYC Embedded 3000 juga didukung oleh L3 cache 32MB dan dukungan memori quad-channel. Prosesor  ini memiliki TDP 30W hingga 100W, lebih rendah dari dari proseso EPYC yang digunakan pada model server kebanyakan dengan TDP 120W hingga 180W. 

"Hari ini kami memperluas arsitektur x86 'Zen' berkinerja tinggi untuk solusi jaringan, penyimpanan, dan industri dengan keluarga baru AMD EPYC Embedded dan AMD Ryzen Embedded. AMD EPYC Embedded 3000 meningkatkan standar kinerja virtualisasi fungsi jaringan generasi mendatang, jaringan yang didefinisikan perangkat lunak, dan aplikasi penyimpanan jaringan," kata Corporate Vice President sekaligus General Manager of the Data Center and Embedded Solutions Group, AMD, Scott Aylor.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: