AMD rentan Spectre, tapi aman dari Meltdown

AMD kabarnya juga memiliki kerentanan terhadap Spectre, namun hal tersebut bisa diatasi menggunakan update patch OS

AMD rentan Spectre, tapi aman dari Meltdown

Meltdown dan Spectre menjadi isu panas yang terus berkembang sedari awal tahun 2018. Dua nama kerentanan ini menjadi momok bagi sebagian besar prosesor rilisan Intel terkait eksekusi spekulatif yang mengancam data.

Ketika Intel dan ARM dengan risiko serangan Meltdown dan Spectre sedang menyiapkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, AMD justru menyatakan bahwa mereka tidak memiliki risiko tersebut karena arsitektur prosesornya yang berbeda.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Bocoran Navi 14 mencuat, tandingi RX 570

AMD bakal punya GPU Navi high-end pesaing Nvidia RTX

Prosesor Ryzen mobile 7nm dan GPU Navi high-end segera hadir


Menariknya belum lama ini Mark Papermaster, Senior Vice President dan Chief Technology Officer AMD menyatakan hal yang mengejutkan. Seperti dikabarkan techpowerup, AMD juga memiliki risiko ancaman tersebut.

AMD meyakini bahwa ancaman Spectre bisa diatasi menggunakan update pada sistem operasi, dan mereka sedang mengerjakan bersama Microsoft untuk mendistribusikan patch untuk sistem AMD. Patch awal ini ditujukan untuk seri Opteron, Athlon dan Turion X2 Ultra.

Selain itu AMD juga menerapkan langkah-langkah tambahan menggunakan kombinasi microcode pada prosesor dan patch OS untuk seri Ryzen dan EPYC dimulai minggu ini.

Mark Papermaster mengatakan risiko prosesor AMD terkena Meltdwon sangat kecil karena adanya perlindungan arsitektur dari prosesor AMD sehingga proses mitigasi rasanya tidak perlu dilakukan. Arsitektur AMD Radeon GPU tidak menggunakan eksekusi spekulatif.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: