AMD Indonesia resmi hadirkan Ryzen 3rd Gen dan Radeon RX 5700

Total ada tujuh prosesor Ryzen 3rd Gen baru untuk berbagai segmen pengguna di Tanah Air. Begitu juga dua Radeon RX 5700 series baru.

Sejatinya AMD sudah memperkenalkan jajaran prosesor terbaru dari generasi ketiga Ryzen pada ajang Computex 2019 pada Mei lalu. Namun baru kemarin (29/7), AMD Indonesia membawanya secara resmi ke Tanah Air. Menariknya tidak hanya prosesor baru, mereka juga turut mengenalkan dua seri GPU barunya yakni Radeon RX 5700 Series.

Total ada delapan prosesor Ryzen 3rd Gen baru yang mereka kenalkan, namun satu prosesor tampaknya akan meluncur belakangan. Seri tertinggi yakni Ryzen 9 3900X dengan 12 core dan 24 thread memiliki Thermal Design Power (TDP) di 105 watt dan sudah tersedia di pasaran.


BACA JUGA

AMD bakal punya GPU Navi high-end pesaing Nvidia RTX

Prosesor Ryzen mobile 7nm dan GPU Navi high-end segera hadir

Dugaan mengapa AMD hentikan penjualan Radeon VII


Di bawahnya, AMD menyiapkan dua prosesor Ryzen 7 yang memiliki 8 core dan 16 thread. TDP-nya berkisar antara 65 sampai 105 watt. Sementara pada kelas mainstream, AMD menyiapkan dua seri Ryzen 5 yakni 3600X dan 3600 yang memiliki 6 core dan 12 thread.

AMD juga mengumumkan ketersediaan prosesor desktop yang didukung grafis Radeon pada seri Ryzen 5 3400G dan Ryzen 3 3200G. Kedua prosesor ini menawarkan performa lebih tinggi serta fitur baru seperti Radeon Anti-Lag, framerate yang stabil pada gim 1080p, streaming 4K HDR dan Radeon FreeSync. Ini merupakan solusi ideal untuk gaming rig yang terjangkau.

Selain mengenalkan Ryzen 3rd Gen, AMD juga mengumumkan ketersediaan GPU Radeon RX 5700 series yang dibangun menggunakan arsitektur baru bernama AMD RDNA. Ini merupakan arsitektur dengan teknologi fabrikasi 7nm.

Radeon RX 5700 akan memberikan ketajaman visual yang unggul, performa secepat kilat dan fitur-fitur mutakhir untuk menjalankan berbagai judul gim AAA atau gim eSport yang tengah digandrungi.

Pada perayaan tersebut, AMD turut mengundang beberapa partner vendor penyedia motherboard X570 bersoket AM4 ternama seperti ASUS, ASRock, MSI dan Gigabyte. Untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik, motherboard seri ini didukung teknologi PCIe 4.0 yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan para gamer, antusias dan konten kreator.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: