sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 27 Mei 2024 09:02 WIB

AMD akan rebranding CPU Ryzen mendatang jadi Ryzen AI 300

Kebocoran baru menunjukkan bahwa AMD mungkin merombak strategi branding prosesor mobile mereka. .

AMD akan rebranding CPU Ryzen mendatang jadi Ryzen AI 300

Kebocoran baru menunjukkan bahwa AMD mungkin merombak strategi branding prosesor mobile mereka. Menurut leaker ternama Golden Pig di forum Bilibili, AMD diduga mengganti nama Ryzen yang ada untuk prosesor mobile Zen 5 generasi berikutnya. Branding baru tersebut dikabarkan adalah “Ryzen AI” diikuti dengan nomor seri 300.

Dilansir dari Gizmochina (27/5), kabar ini muncul setelah bocoran Asus sebelumnya yang mengisyaratkan kemungkinan skema penomoran seri 100 untuk prosesor Ryzen AI pertama. Namun, laporan Golden Pig menunjukkan bahwa AMD telah memilih untuk beralih ke seri 300 untuk menggantikan seri 200 “inferior” Intel yang dikabarkan diberi nomor untuk prosesor Lunar Lake/Arrow Lake generasi berikutnya.

Mungkin juga AMD ingin menyoroti penyertaan Neural Processing Unit (NPU) dalam chip ini, komponen kunci untuk PC Copilot+ AI baru dari Microsoft.

Sejarah AMD dalam meniru strategi branding pesaing, khususnya di bidang motherboard, memperkuat rumor ini. Dugaan adopsi nama chipset B650 oleh perusahaan dilaporkan memaksa Intel untuk menggunakan B660 untuk chipset pesaing mereka agar menghindari kebingungan.

Jika benar, merek “Ryzen AI” kemungkinan akan mencakup seluruh jajaran prosesor mobile AMD yang menampilkan teknologi XDNA NPU mereka. Ini termasuk Strix Point, nama kode untuk prosesor mobile mainstream AMD generasi berikutnya yang menggantikan seri Ryzen 8040.

Strix Point diharapkan menampilkan arsitektur CPU Zen 5, grafis RDNA 3.5, dan NPU XDNA2 dengan kinerja sekitar 30 TOPS. Strix Halo, nama kode untuk APU mobile berkinerja tinggi AMD yang dirancang untuk bersaing dengan prosesor M3/M4 milik Apple, juga dapat berada di bawah payung “Ryzen AI”.

Share
×
tekid
back to top