AMD akan kembali hajar Intel dengan prosesor Ryzen Mobile Gen 2

AMD membawa peperangan prosesor desktop ke ranah prosesor laptop dengan meluncurkan prosesor 12nm di jajaran Ryzen Mobile Gen 2.

AMD akan kembali hajar Intel dengan prosesor Ryzen Mobile Gen 2 Ryzen Mobile Gen 2

AMD kembali memperkenalkan jajaran prosesor generasi selanjutnya untuk jajaran laptop. Hal ini membuat Intel harus waspada terhadap mereka. Jajaran prosesor laptop AMD membawa beberapa teknologi yang lebih kekinian.

Untuk pertama kalinya, AMD menawarkan prosesor dengan teknologi fabrikasi 12nm di laptop. Prosesor tersebut disebut Ryzen Mobile gen 2. Sedangkan Intel masih harus berjibaku dengan teknologi fabrikasi 14nm++ selama beberapa tahun terakhir ini.


BACA JUGA

Berkat Stadia, saham AMD diperkirakan akan meroket

Juli, AMD bakal luncurkan Ryzen seri 3 dan Radeon Navi

Asus siapkan dua laptop dengan prosesor AMD Ryzen seri 3000


Dalam keterangan yang diterima oleh tim Tek.id, AMD memperkenalkan total enam prosesor laptop sekaligus dalam pagelaran CES 2019. Keenam prosesor tersebut adalah Ryzen 73750H, Ryzen 7 3700U, Ryzen 5 3550H, Ryzen 5 3500U, Ryzen 3 3300U, dan Ryzen 3 3200U. 

Tak ketinggalan, mereka juga memperkenalkan Athlon 300U di waktu yang bersamaan. Keseluruhan prosesor ini akan hadir dengan GPU Vega di dalamnya.

Pihak AMD mengklaim bahwa laptop yang menggunakan prosesor Ryzen generasi kedua ini akan memiliki kemampuan 48 persen lebih tinggi dibandingkan laptop yang beredar lebih dulu di pasaran.

Mereka juga mengklaim bahwa laptop yang menggunakan prosesor tersebut akan memiliki daya tahan yang lebih baik. Bahkan, dengan berani mereka mengklaim laptop berprosesor Ryzen Mobile Gen 2 ini akan mampu bertahan hingga 12 jam pemakaian normal.

Tak ketinggalan, mereka juga menjanjikan kemampuan modern di prosesor mereka. Beberapa di antaranya adalah memiliki fitur ‘Voice Wake’ yang mampu mendeteksi suara dan ‘Modern Stanby’ yang memungkinkan laptop dapat masuk dan keluar dari keadaan ‘sleep’ secepat smartphone.

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui kapan pengguna akan bisa melihat laptop dengan prosesor Ryzen generasi kedua ini. Namun, Asus diketahui sudah mempersiapkan laptop gaming TUF FX505DY yang akan menggunakan Ryzen 5 3550H dengan GPU RX 560X didalamnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: