sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
Jumat, 20 Nov 2020 18:46 WIB

Alasan kenapa UMKM harus manfaatkan platform digital

Bersama beberapa pelaku bisnis dan UMKM ShopeePay membahas pentingnya pengetahuan tentang teknologi bagi pelaku usaha.

Alasan kenapa UMKM harus manfaatkan platform digital

ShopeePay kembali menghadirkan ShopeePay Talk dengan tema "Dari Nol Jadi Online" sebagai wadah untuk berbagi insight bisnis. Bersama beberapa pelaku bisnis dan UMKM ShopeePay membahas pentingnya pengetahuan tentang teknologi bagi pelaku usaha. Utamanya karena di masa pandemi Covid-19, berbagai sektor di Indonesia terkena dampak yang signifikan termasuk para pelaku bisnis dan UMKM.

Hal ini menjadi kekhawatiran dan tantangan yang cukup berat bagi pelaku bisnis maupun UMKM. Salah satu cara agar bisnis tetap berjalan yaitu para pelaku usaha harus melek teknologi dan terus menghadirkan inovasi dalam usahanya. 

“Sebagai penyedia layanan pembayaran digital, ShopeePay terus berkomitmen untuk membantu dan berkembang bersama para merchant kami,” kata Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari. 

Eka menambahkan bahwa ShopeePay ingin menekankan pemanfaatan platform digital dan adaptasi terhadap teknologi yang tentunya menjadi kunci bagi bisnis agar tetap bertahan di tengah pandemi. Eka berharap, semakin banyak penggiat usaha bisa memanfaatkan platform digital. 

Pandemi Covid-19 telah membuat aktivitas fisik dan jarak menjadi terbatas sehingga layanan online semakin meningkat. Kendati demikian, hal tersebut mendorong para pelaku bisnis dan UMKM untuk mulai beradaptasi dengan teknologi sehingga usahanya agar terus berjalan. 

“Sebagai orkestrator layanan digital, Help ingin menjadi solusi di tengah pandemi dengan menghadirkan layanan pengantaran yang cepat, terpercaya, dan terjangkau. Terlebih lagi, sejak adanya pandemi ini, masyarakat semakin familiar dengan digitalisasi, tanpa memandang gender ataupun umur,” kata Founder & CEO Help Muhamad Noor Sutrisno. 

Sutrisno juga melihat adanya kenaikan transaksi yang signifikan sebesar 17 kali lipat dan peningkatan unduhan aplikasi mencapai 18 kali lipat selama pandemi. Hal ini menandakan semakin vitalnya platform digital dalam kehidupan masyarakat Indonesia karena sehari-hari beraktivitas dari rumah. 

Dalam diskusi ini juga dijelaskan tiga poin utama menapa pelaku usaha harus memanfaatkan layanan online. Berikut alasannya:

  • Pelaku usaha dapat menjangkau pelanggan lebih luas 

Dengan hadir secara online, ruang gerak dan jangkauan pelaku usaha tidak terbatasi oleh jarak dan waktu. Oleh karena itu, pelaku usaha dapat memenuhi pesanan pelanggannya yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia bahkan keluar negeri. 

  • Lebih dekat dengan pelanggan 

Menyediakan toko online atau hadir secara online memungkinkan pelaku usaha untuk berkomunikasi lebih dekat dengan pelanggan yang berada di berbagai daerah. Sehingga, terjalin komunikasi dua arah dimana pelaku usaha dapat lebih cepat tanggap terhadap keinginan pelanggan.

  • Menambah sarana penjualan yang baru 

Masuk ke ranah online membuka kesempatan bagi pelaku usaha untuk menambah toko tanpa gerai yang dapat diakses oleh pelanggan tanpa harus hadir secara fisik. Selain itu, bagi yang belum memiliki toko offline sebelumnya, hal ini dapat mengurangi modal gerai fisik. Dengan bekerja sama dengan layanan digital yang memberikan berbagai keuntungan, dapat menarik antusiasme pelanggan bertransaksi.

 

Share
×
tekid
back to top