sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Kamis, 16 Mar 2023 12:21 WIB

AI dan Genomics Diprediksi Jadi Tren Teknologi di Indonesia Tahun Ini

Dua sektor baru, AI dan Genomics, menjadi tren teknologi yang diprediksi akan berkembang tahun ini, baik dalam skala globa maupun nasional.

AI dan Genomics Diprediksi Jadi Tren Teknologi di Indonesia Tahun Ini

Seiring perkembangan zaman, banyak peneliti dan pengusaha berlomba-lomba untuk membuat dan menerapkan teknologi paling mutakhir untuk memenuhi kebutuhan manusia. Tren teknologi yang kini sedang naik daun adalah artificial intelligence (AI) dan Genomics. Tak hanya skala global, keduanya kini juga mulai dikembangkan di Indonesia.

Di Indonesia, AI masih dianggap sebagai teknologi yang sedang berkembang. Menurut laporan Kearney dan EDBI 2020, 83 persen warga Asia Tenggara masih dalam tahap adopsi AI. Sementara itu, 57 persen responden di Indonesia masih berada di tahap 3. Dalam tahap tersebut, mereka melakukan percontohan inisiatif dalam kegiatan terpisah. Hanya 4 persen di yang mencapai tahap 5 yang melakukan implementasi skala end-to-end dari AI.

Menurut CTO GDP Venture On Lee, startup sebaiknya bisa mengikuti perkembangan AI untuk mengembangkan bisnisnya.

“Definisi startup yang saya pahami adalah perusahaan yang mengadopsi kecanggihan sebuah teknologi, sehingga mereka harus bisa mengikuti perkembangan zaman,” jelasnya dalam acara Power Lunch dengan tema Navigating Startups: The Challenges & Opportunities 2023 yang diadakan oleh GDP Venture di Three Buns, Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (15/3).

Selain itu, On Lee mengungkapkan bahwa perusahaan AI di Indonesia sebaiknya bekerja sama dengan perusaahaan tingkat global. Pasalnya, mereka sudah memiliki sumber daya yang cukup baik, sehingga perusahaan Indonesia bisa memanfaatkan dan menyempurnakan sumber daya mereka sesuai yang dibutuhkan masyarakat.

Selain AI, tren teknologi lain yang sedang berkembang di Indonesia adalah Genomics. Menurut laporan dari East Ventures dan Kementerian Kesehatan RI, Genomics adalah studi tentang genom, kumpulan lengkap informasi genetic dalam suatu organisme. Ini mencakup pengurutan dan analisis DNA dan studi tentang variasi dan pewarisan genetic. Sektor ini memiliki peran penting di bidang kedokteran, pertanian, dan bioteknologi.

Salah satu penerapan dari Genomics adalah untuk keperluan diagnosis penyakit. Pengujian genom yang dilakaukan dapat mengidentifikasi karakteristik genetic yang terkait dengan penyakit tertentu dan memungkinkan diagnosis dilakukan lebih awal dan akurat. Selain itu, Genomics juga dapat diterapkan untuk terapi gen, pengobatan kanker, hingga membantu dokter untuk mempelajari susunan genetik pasien.

Share
×
tekid
back to top