sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
Selasa, 22 Mei 2018 11:44 WIB

Adobe beli Magento seharga Rp23,8 triliun

Pembelian tersebut memberikan Adobe bagian platform e-commerce yang berfungsi dalam konteks B2B dan B2C serta harus sesuai dengan baik di Experience Cloud mereka.

Adobe beli Magento seharga Rp23,8 triliun
Source: Tech Crunch

Adobe baru saja mengumumkan bahwa mereka mengakuisisi Magento seharga USD 1,68 miliar (Rp23,8 triliun). Magento merupakan platfrom pembuat situs e-commerce dan manajemen perdagangan online dan lain-lain. Dilansir dari Tech Crunch (22/5), akuisisi ini memberikan Adobe ruang untuk menjamah platform e-commerce bisnis B2B serta B2C di bidang desain yang mereka idam-idamkan selama ini.

Hal tersebut juga membantu Adobe bersaing dengan Salesforce, yang menawarkan soal pemasaran, penjualan, dan layanannya sendiri pada cloud dan membeli Demanware senilai lebih dari USD 2 miliar (Rp28,3 triliun) pada tahun 2016 demi menyediakan serangkaian fungsi serupa.

Brent Leary, sang pemilik CRM Essentials, yang terus mengawasi persimpangan antara pemasaran dan CRM, mengatakan ini mengisi celah yang jelas di Experience Cloud milik Adobe. “Kini mereka memiliki penawaran yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan konsumen, yang mampu menyelesaikan transaksi digital yang mulai online dengan alat pemasaran digital Adobe,” kata Leary.

Leary juga melihat kesepakatan ini membawa Microsoft dan Adobe, yang telah mengumumkan kemitraan masa lalu, lebih dekat lagi. “Tetapi mungkin yang lebih menarik adalah bagaimana ini dapat lebih berhubungan jauh pada Adobe dan Microsoft. Karena mereka juga kehilangan bagian e-commerce ke platform keterlibatan pelanggan mereka juga.” Leary berspekulasi hal ini dapat mengarah ke hubungan yang lebih dalam antara kedua perusahaan karena mereka masing-masing berjuang berkompetisi dengan Salesforce.

Salesforce adalah pesaing yang sangat berat di ranah ini dengan pendapatan di berbagai cloud yang mencapai lebih dari USD 8 miliar (Rp113,3 triliun) tahun lalu. Perusahaan ini mendapat keuntungan lebih dari USD 10 miliar (Rp141,6 triliun) pada tahun 2018.

Ini bukan pertama kalinya Magento diakuisisi. Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 2008 dan dibeli oleh eBay pada tahun 2011 dalam sebuah kesepakatan yang dilaporkan hanya USD 180 juta (Rp2,5 triliun). Namun Magento kembali menjadi private company pada tahun 2015 dengan bantuan Permira Funds, yang dikabarkan membayar sekitar USD 200 juta (Rp2,8 triliun).

Share
×
tekid
back to top