6 smartphone sejutaan yang cocok buat kado lebaran

Smartphone yang ditujukan untuk kelas entry juga tak luput hadir di awal tahun ini. Berikut Tek.id rangkum smartphone sejutaan yang cocok untuk kado lebaran.

6 smartphone sejutaan yang cocok buat kado lebaran (Foto: GP1)

Lebaran sebentar lagi nih Sahabat Tek. Kayaknya uang Tunjangan Hari raya (THR) juga enggak lama lagi mendarat ke rekening. Biasanya, di momen jelang lebaran banyak pengguna berencana upgrade smartphone atau memberikan kado lebaran untuk orang tua, bahkan sanak saudara di kampung.

Smartphone sendiri enggak selalu dibanderol dengan harga yang mahal. Buktinya beberapa perusahaan juga menghadirkan smartphone versi murah atau biasa disebut kelas entry. Smartphone ini biasanya ditujukan untuk membantu pengguna migrasi dari feature phone ke smartphone.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple berikan investasi baru untuk Corning

Asus, ada ratusan gim mobile dengan refresh rate di 120 fps

Razer buat casing untuk gamer pengguna iPhone 11 dan iPhone 11 Pro


Di awal tahun ini, beberapa vendor meluncurkan berbagai smartphone di Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas entry juga tak luput hadir di awal tahun ini. Berikut Tek.id rangkum smartphone sejutaan yang cocok untuk kado lebaran.

Realme 3

Realme 3 meluncur di Indonesia pada pertengahan Maret lalu. Saat dirilis, Realme 3 membawa tiga konfigurasi RAM mencakup 3GB/32GB, 3GB/64GB dan 4GB/ 64GB. Realme 3 hadir dengan dukungan layar 6,22 inci disertai poni dewdrop. Performanya didukung chipset Mediatek Helio P60 dan disertai baterai 4.230 mAh.

Fitur kamera utamanya hadir dengan konfigurasi 13 MP f/1.8 dan 2 MP f/2.4 yang didukung dengan AI scene recognition. AI ini bisa mengenali 16 scene secara otomatis. Kamera Realme 3 juga bisa merekam video HD dengan frame rate 90fps. 

Kamera depan Realme 3 menggunakan sensor 13MP f/2.0 dengan dukungan AI Beauty 2.0. AI ini disebut bisa mengenali 296 titik. Ponsel ini berjalan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie dan antarmuka ColorOS 6.0. Realme 3 dibanderol Rp1.999.000 untuk konfigurasi RAM 3GB/32GB. 

Tek.id sudah mengulas kelebihan dan kekurangan Realme 3. Pengalaman kami, performa smartphone ini patut diandalkan. Harganya juga layak dipertimbangkan kalau Sahabat Tek berencana menyiapkan kado lebaran.

Advan S6 Plus

Mau main Mobile Legends: Bang Bang pakai smartphone sejutaan? bisa. Advan dikenal dengan berbagai produknya di rentang harga yang terjangkau. Kendati demikian, spesifikasi yang ditawarkannya terbilang cukup mumpuni dan mampu bersaing dengan smartphone dari vendor lain. Salah satu smartphone Advan yang dirilis awal tahun ini yaitu Advan S6 Plus.

Tampilan Advan S6 Plus didukung dengan layar 5,5 inci dengan aspek rasio mencapai 18:9 sehingga nyaman dipandang dan digenggam. Menariknya smartphone sejutaan ini mampu diajak bermain gim tanpa gangguan berarti. Tek.id sempat mencoba memainkan 2-3 match di Mobile Legend, selama kurang lebih satu setengah jam. Di luar dugaan, smartphone ini tergolong gesit memberikan gameplay yang lancar dan tidak patah-patah. 

Didukung chipset SC9850K Quad Core 1,3 GHz, Advan S6 Plus berjalan di Android Go edisi Oreo. Dengan RAM 1GB dan penyimpanan 8GB, pelanggan bisa menikmati beragam konten dan aplikasi versi ringan karena ponsel ini berjalan di sistem operasi Android Go.

Soal kamera, pelanggan bisa memanfaatkan sensor utama 8MP dan kamera selfie 8MP yang disertai mode beauty. Dengan berbagai spesifikasi tersebut, smartphone ini bisa didapatkan dengan harga Rp800 ribuan.

Redmi 7

Smartphone ini terbilang masih hangat karena baru diluncurkan akhir April lalu. Redmi 7 hadir dengan layar 6,26 inci disertai poni jenis dot drop. Layarnya berjenis LCD sehingga mampu mengakomodir resolusi HD+. Soal performa, smartphone ini ditopang chipset Snapdragon 635 yang dikombinasikan dengan RAM 2GB/16GB dan 3GB/32GB.

Menariknya Redmi 7 membawa kamera utama yang sama dengan Mi 6 dengan sensor ganda 12MP dan 2MP. Kamera pertamanya memiliki sensor dengan piksel 1,25 mikron meter. Dengan begitu, kamera Redmi 7 mampu memproduksi kualitas gambar yang lebih baik ketimbang ponsel lain di rentang harga yang sama.

Kamera utama Redmi 7 juga dilengkapi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang mampu mengenali hingga 21 scene. Kamera depannya sendiri punya resolusi 8MP. Fitur baru yang dibawa pada komponen ini adalah dukungan gerakan tangan, untuk memudahkan pengguna mengambil gambar selfie.

Smartphone dengan baterai 4.000 mAh ini dijual seharga Rp1.599.000 untuk RAM 2GB dan Rp1.899.000 untuk varian RAM 3GB. 

Oppo A5s

Oppo A5s jadi smartphone kelas entry besutan Oppo. Smartphone ini mengandalkan pengalaman bermain gim yang nyaman berkat dukungan chipset MediaTek Helio P35 2,3 GHz. Selain itu, Oppo juga bekerja sama dengan Tencent untuk optimasi performa ponsel ketika bermain gim. Setidaknya, Oppo A5s akan mendukung performa optimal di gim PUBG Mobile, AOV serta 11 gim lainnya.

Selain pengalaman gim, Oppo A5s juga menawarkan baterai besar berkapasitas 4230 mAh. Dengan kombinasi itu, Sahabat Tek bisa mendapatkan perfoma maksimal meski Oppo A5s digunakan untuk bermain gim. Tek.id juga telah mengulas smartphone ini dan performanya sesuai klaim perusahaan.

Spesifikasi lainnya yang melengkapi smartphone ini yaitu layar 6,2 inci dengan dukungan Corning Gorilla Glass. Soal kamera, Oppo membekali A5s dengan konfigurasi dua kamera belakang 13 MP f/2.2 dan 2 MP f/2.4. Sementara kamera depan menggunakan sensor 8 MP f/2.0 untuk urusan selfie. 

Samsung A10

Samsung A10 merupakan smartphone kelas entry yang ditujukan untuk generasi live atau kalangan yang aktif di media sosial. Beberapa spesifikasi yang melengkapi smartphone ini yaitu layar 6,2 inci beresolusi 720 x 1560. Tampilannya kekinian dengan poni di layar jenis Infinity-V.

Performa Galaxy A10 ditopang chipset Exynos 78884B, dipasangkan dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB. Baterainya memiliki kapasitas 3.400 mAh. Fitur keamanannya hanya didukung dengan pemindai wajah tanpa pemindai sidik jari. Soal kamera, Galaxy A10 dibekali sensor 13MP (f/1.9). Sedangkan kamera depannya diakomodir oleh sensor 5MP (f/2.0).

Tek.id sudah mencoba smartphone ini dan kameranya layak dipertimbangkan berkat warnanya yang natural. Galaxy A10 dijual seharga Rp1.799.000. 

Honor 8A

Honor 8A menjadi smartphone entry level baru Honor di tahun ini. Tampilannya kekinian dengan notch jenis dewdrop. Layarnya membentang 6,09 inci dengan bezel tipis di setiap sisi. Dapur pacunya ditopang dengan chipset MediaTek Helio P35 yang dikombinasikan dengan RAM 3GB dan penyimpanan 32GB. Penyimpanannya bisa diperluas melalui slot microSD khusus hingga 512GB. 

Baterainya memiliki kapasitas 3.020 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 39 jam (waktu bicara). Spesifikasi kameranya didukung lensa tunggal 13MP (wide) dan bukaan f/1.8. Kamera Honor 8A juga dilengkapi mode HDR. Fitur ini akan membantu pengguna mendapatkan foto yang apik, meski membelakangi cahaya.

Kamera depan Honor 8A sendiri punya resolusi 8MP. Meski dirancang sebagai smartphone entry-level, Honor 8A sudah didukung dengan fitur Face Unlock. Smartphone ini dubanderol Rp1.899.000.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: