sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
Kamis, 17 Sep 2020 14:57 WIB

5 fitur tersembuyi di aplikasi LinkedIn

LinkedIn merilis beberapa fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan membantu brand dan bisnis yang ingin berkembang secara online.

5 fitur tersembuyi di aplikasi LinkedIn

Siapa sangka, LinkedIn yang merupakan aplikasi jejaring sosial dengan orientasi bisnis profesional memiliki beberapa fitur tersembunyi. Jika selama ini Anda merasa sudah menggunakan aplikasi ini untuk keperluan karir atau pun pekerjaan dengan tepat, tunggu sampai Anda membaca beberapa fitur tersembunyi yang akan dibahas dalam artikel ini.

LinkedIn merupakan salah satu aplikasi yang berfokus pada bisnis, utamanya dipakai untuk melihat kesempatan berkarir di perusahaan lain, berbagi konten berkualitas, dan mencari tahu perkembangan dunia kerja saat ini.

Berdasarkan data yang diperoleh, sampai hari ini LinkedIn memiliki sekitar 706 juta pengguna aktif yang terdapat pada lebih di 200 negara, serta tersebar di seluruh dunia. Meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.

Tahun ini, LinkedIn merilis beberapa fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dan membantu brand dan bisnis yang ingin berkembang secara online. Tidak banyak yang mengetahui bahwa fitur - fitur baru tersebut menawarkan hal baru dan bisa menjadi peluang bagi mereka yang ingin menambah membuka peluang menjadi profesional.

Berikut Tek.id rangkum 5 fitur baru tersembunyi tersebut, yang bisa Anda gunakan :

#1 Live Video

Sumber: micro.medium

Saat seperti sekarang ini memang kurang menguntungkan bagi sebagian pengguna ataupun instansi dari perusahaan. Pasalnya, banyak pencari pekerjaan atau perusahaan diberbagai wilayah harus mengerem dan membatalkan jadwal pertemuan secara tatap muka demi mematuhi social distancing.

Namun jangan khawatir, karena LinkedIn memberikan solusi bagi mereka yang memiliki jadwal pertemuan dengan menawarkan pertemuan secara tatap muka melalui metode live streaming. Meski begitu, fitur ini belum bisa digunakan karena LinkedIn mengharuskan pengguna untuk meminta akses dengan mengisi formulir terlebih dahulu. Jika data pengguna sudah ditinjau, maka fitur ini sudah bisa digunakan. Beberapa hal yang akan ditinjau meliputi :
 

  1. Video serta konten secara keseluruhannya seperti apa
  2. Banyaknya audiens
  3. Anggota dan halaman akun yang bereputasi baik
  4. Two Factor Authentication (2FA) yang diaktifkan melalui pengaturan
  5. Penyiar juga perlu menggunakan alat streaming pihak ketiga yang kompatibel, untuk menyelenggarakan LinkedIn Live.

Fitur baru ini sebenarnya lebih ditujukan untuk acara yang bersifat formal, seperti sesi tanya jawab, dan hal lain yang berkaitan dengan kebutuhan profesional lainnya. Semenjak adanya fitur tersebut, LinkedIn mendapatkan tambahan interaksi yang lebih banyak terutama konten video. Ada pemberitahuan (notification) untuk pengguna lainnya untuk mengetahui kalian sedang melakukan live streaming.

#2 Name Pronunciation

Sumber: Techlicious

Fitur Name Pronunciation di LinkedIn adalah tambahan sederhana, namun akan membantu bagi pengguna lain. Jika diartikan, fitur ini berarti pengucapan nama. Berkat fitur baru ini, pengguna sekarang dapat merekam klip audio berdurasi 10 detik dan menambahkannya ke profil mereka. Kehadiran fitur ini banyak membantu pengguna lain untuk mengetahui bagaimana cara mengucapkan nama Anda dengan benar. Caranya dengan mendengarkan rekaman tersebut. Fitur ini juga dapat digunakan oleh brand-brand diluar sana yang memakai akses LinkedIn.

Juru bicara LinkedIn menegaskan bahwa fitur ini tidak hanya membantu mereka untuk mengucapkan nama secara benar, tetapi memberikan kesan pertama yang baik untuk pengguna lainnya. Saat ini kalian tidak dapat merekam atau mengedit pengucapan nama kalian di situs desktop LinkedIn, ini hanya dapat dilakukan di LinkedIn iOS dan Android.

#3 Reactions

Sumber: Vidooly

Kalian mungkin tidak menganggap LinkedIn sebagai jejaring sosial biasa, tetapi lebih banyak orang yang menggunakan platform ini untuk terhubung dan terlibat dengan sesama profesional. Sama seperti Facebook reactions, pengguna sekarang dapat menanggapi pembaruan fitur LinkedIn dengan menekan dan menahan tombol like serta memilih dari berbagai ekspresi yang berbeda seperti like, celebrate, support, love, insightful, and curious..

Ekspresi ini telah dirancang khusus dengan fitur pembaruan yang diberikan. Misalnya, reaksi celebrate (merayakan) sangat cocok bagi yang menyambut anggota tim baru atau hal lainnya yang menunjukkan kesan. Fitur baru ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan interaksi kalian dengan sesama pengguna, walaupun hanya melalui reactions hal itu dapat menambah kesan yang baik bagi mereka.

#4 Polls

Sumber: LinkedIn

Dirilis awal tahun ini, LinkedIn Polls adalah fitur baru yang hebat untuk mendorong interaksi secara cepat di aplikasi tersebut. Untuk kalian yang ingin mendapat sebuah masukan atau saran dari pengguna lainnya, fitur ini sangat cocok untuk kalian gunakan. Karena, dengan fitur polls kalian dapat memberikan kesempatan bagi pengguna lain untuk memilih atau memberi masukan terhadap topik yang kalian ajukan.

Selain itu, kalian dapat memantau aktivitas atau feedback dalam poll tersebut kapan saja, seperti berapa banyak suara yang telah diberikan, hasil sejauh ini seperti apa menurut mereka, berapa banyak waktu yang tersisa untuk memberikan suara, dan hanya kalian yang dapat melihat siapa saja yang telah memilih dan apa yang mereka pilih.

#5 “Carousel” Posts

Sumber: LinkedIn

Untuk kalian yang ingin mengunggah beberapa foto atau dokumen dengan berurutan, saat ini LinkedIn telah memberikan fitur baru yang dapat kalian gunakan. “Carousel” Post adalah fitur yang menjadi solusi untuk permasalahan kalian dalam mengunggah dokumen tersebut. Dengan fitur tersebut, membuat brand kalian terlihat menarik dan menjadi perhatian bagi pengguna lain untuk mengetahui apa yang kalian unggah.

Untuk hasil terbaik, cara yang dilakukan adalah dengan menambahkan panah navigasi ke gambar kalian sebelum mengunggahnya ke LinkedIn. Ini akan mendorong lebih banyak tap-through, yang berarti lebih banyak keterlibatan dan jangkauan yang lebih besar untuk konten kalian.

Tag
Share
×
img
×
tekid
back to top