sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Jumat, 12 Apr 2024 13:33 WIB

5 dampak dari gelombang panas yang melanda sejumlah negara di Asia

Heatwave adalah fenomena cuaca ekstrem yang terjadi ketika suhu udara meningkat secara signifikan dan berlangsung dalam periode waktu yang cukup lama.

5 dampak dari gelombang panas yang melanda sejumlah negara di Asia

Sejumlah negara di Asia sedang menghadapi tantangan serius dengan munculnya gelombang panas atau heatwave. Fenomena cuaca ekstrem ini, yang ditandai dengan peningkatan suhu udara yang berlangsung selama 5 hari berturut-turut atau lebih, telah memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan masyarakat.

Apa itu heatwave?

Dikutip dari World Health Organization (WHO), heatwave atau gelombang panas adalah fenomena cuaca ekstrem yang terjadi ketika suhu udara meningkat secara signifikan dan berlangsung dalam periode waktu yang cukup lama. Meskipun Indonesia tidak sampai dalam tahap cuaca ekstrem tersebut, kita tidak bisa mengabaikan dampak dari panas yang meningkat di beberapa wilayah.

Dampak terhadap kesehatan tubuh

Gelombang panas membawa risiko serius bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa dampak yang bisa terjadi:

1. Dehidrasi: Tubuh kehilangan cairan lebih cepat dari yang bisa digantikan, menyebabkan gejala seperti mulut kering, pusing, dan urine yang pekat.

2. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA): Perubahan cuaca ekstrem dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan seperti batuk, pilek, dan demam.

3. Masalah kulit: Tingginya suhu dan kelembapan udara dapat menyebabkan kulit kering dan dehidrasi, serta meningkatkan risiko kanker kulit akibat paparan sinar UV.

4. Gangguan mental: Dehidrasi dapat mengganggu fungsi kognitif dan memperburuk suasana hati, memicu gangguan cemas, dan bahkan perilaku agresif.

5. Heatstroke: Kondisi ini merupakan keadaan darurat medis yang disebabkan oleh suhu tubuh yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf hingga kematian.

Cara mengatasi gelombang panas

Untuk menjaga kesehatan tubuh selama menghadapi gelombang panas, ada beberapa langkah yang bisa diambil:

  • Gunakan tabir surya secara rutin untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.
  • Minum air putih lebih banyak untuk mencegah dehidrasi.
  • Pakailah pakaian yang nyaman dan tidak terlalu tebal.
  • Gunakan topi atau payung saat berada di luar ruangan untuk melindungi diri dari sinar matahari langsung.
  • Konsumsi makanan yang mengandung air tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran, untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Gelombang panas adalah kondisi cuaca ekstrem yang memerlukan perhatian serius. Jika kamu mengalami gejala yang tidak biasa selama cuaca panas, segera konsultasikan dengan tenaga medis untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.

Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat dan mengikuti saran dari para ahli kesehatan, kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita selama menghadapi gelombang panas ini. 

Tag
Share
×
tekid
back to top