5 cara kembangkan bisnis di Tokopedia
Para pegiat bisnis UMKM bisa mendapatkan berbagai materi edukasi yang bisa diakses sepenuhnya secara gratis melalui halaman Tokopedia.
Tokopedia terus membantu sekitar 12 juta penjual, dimana hampir 100% dari penjual tersebut adalah UMKM lokal, memulai dan mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi. “Kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi UMKM agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan era,” ujar Head of Product Tokopedia, Helena.
Platform berbelanja online tersebut juga membagikan 5 tips agar UMKM bisa mengasah kemampuan analisis pasar guna mengoptimalisasi potensi bisnis.
1. Pantau produk yang sedang trending di pasar
Pegiat UMKM bisa memakai fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori. Dengan demikian, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya.
2. Pelajari rekomendasi harga produk di pasar
Lakukan analisis perbandingan harga produk yang beredar di pasar sehingga harga yang ditawarkan berada dalam batas normal dan dapat bersaing. Manfaatkan fitur Rekomendasi Harga di aplikasi Tokopedia Seller agar bisa memasarkan produk dengan harga kompetitif dan menarik lebih banyak pembeli.
3. Pantau performa produk
Pegiat usaha dapat menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk untuk membantu memantau produk mana yang butuh lebih banyak diiklankan, dilengkapi informasinya dan optimalisasi lain, sehingga sebuah produk dapat bersaing secara organik pada halaman pencarian di Tokopedia dan performa bisnis menjadi lebih maksimal.
4. Lakukan uji coba penjualan
Melakukan uji coba penjualan produk dapat membantu penjual melihat produk apa yang berpotensi laris. Misalnya, penjual bisa memberikan sampel atau produk tester yang akan diluncurkan kepada sejumlah pembeli untuk melihat antusiasme mereka.
5. Kumpulkan aspirasi pembeli
Gunakan fitur Pengingat Ulasan di aplikasi Tokopedia Seller untuk mengajak pembeli menulis ulasan setelah transaksi selesai secara otomatis. Tanggapi dan pelajari setiap masukan dengan positif karena ulasan pembeli adalah dasar untuk berinovasi agar bisa terus relevan dengan pasar.