sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
Jumat, 09 Jul 2021 10:30 WIB

Review Tecware Torque+, enak buat FPS

Tecware Torque+ hadir dengan desain ergonomis juga bobot yang ringan. Mouse seharga Rp 200 ribuan ini memiliki DPI hingga 6200 dan dukungan software.

Review Tecware Torque+, enak buat FPS

Saya akui godaan untuk bermain gim selama WFH itu sangat besar. Meski saya bukan hardcore gamer, namun judul baru besutan Riot Games, Valorant, gim bergenre FPS itu berhasil menarik minat saya untuk sering memainkannya. 

Tak ayal jika mulai jenuh bekerja, sesekali saya sempatkan bermain Spike Rush (salah satu mode di Valorant yang memiliki skema permainan yang relatif singkat berkisar 8-10 menit per round).

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Lagi getol main Valorant, saya dikirimi sebuah mouse dari Tecware dari seri Torque+. Kebetulan, ada alasan nih untuk sering main, alibinya ngereview mouse gaming ya harus dipakai main gim.

 

Didesain gesit dan palm grip lover

Mouse Tecware Torque+ hadir dengan desain yang ergonomis. Rancang bangunnya cukup landai jika dibandingkan mouse sehari-hari yang saya gunakan (Corsair Scimitar RGB Elite), yang cenderung agak bulky atau montok. 

Untuk gamer yang yang suka menggenggam mouse dengan gaya palm-grip, mouse ini cocok buat kalian. Karena desainnya memang melandai dan mengikuti kontur telapak tangan sehingga nyaman digenggam. 

Namun, meski saya katakan mouse ini cocok untuk gamer dengan gaya genggam palm-grip, bukan berarti untuk pengguna yang gaya genggam mousenya claw-grip atau fingertip seperti saya, tidak cocok menggunakan mouse ini. 

Mouse Tecware Torque+ ini tetap dapat menunjang pengguna dengan gaya genggam claw-grip atau fingertip, berkat sisi kiri dan kanan yang didesain dengan grip. Ada alasan Tecware tidak melapisi lapisan karet pada sisi ini, hal tersebut untuk menghindari masa pakai lapisan karet yang terkadang akan mudah terasa lengket dan terkelupas.

Dari segi ukuran, mouse Mouse Tecware Torque+ cukup cocok untuk gamer di Indonesia, ukurannya sedang, di mana ukuran tangan orang-orang Asia memang tidak terlalu besar. Tampilannya pun minimalis, namun tetap memiliki fitur yang sering ditemukan pada mouse gaming, yaitu adanya tombol tambahan dan ornamen LED di sisi bawah.

Tecware Torque+ memiliki total memiliki 8 buah tombol, termasuk 3 tombol utama klik kiri-kanan dan scroll button. Dua tombol dipunggung mouse secara default memiliki fungsi untuk menambah atau mengurangi tingkat DPI. Sementara 3 tombol di sisi kiri secara default memiliki fungis untuk Forward, Back, Double click (tengah). Menariknya, kalian dapat mengkonfigurasi semua tombol yang ada di mouse ini sesuai kebutuhan kalian menggunakan software Tecware Torque+ Mouse yang bisa di unduh pada link berikut Software.

Ada sentuhan LED RGB yang bagi sebagian gamer setuju jika tidak RGB maka tidak gaming. Untungnya, Tecware Torque+ ini dibekali dengan LED RGB di sisi bawah yang menurut saya tampak apik dengan beberapa opsi pewarnaan. Nah, jika kalian tidak terlalu suka dengan tampilan mouse yang menyala, kalian bisa mematikan LED ini dengan tombol yang tersedia di sisi bawah mouse.

Untuk mendukung pergerakan yang gesit, selain dirancang cukup ringan, Tecware Torque+ ini dibekali lapisan teflon pada 4 sisi untuk memberikan pergerakan yang lancar pada mousepad kalian atau bidang yang kalian gunakan. Selain itu, kabelnya juga dibungkus dengan material paracord berbahan nilon untuk mengurangi gesekan antara kabel dan meja.

 

Software Tecware Torque+

Mouse yang dibanderol pada kisaran harga Rp200 ribuan ini didukung dengan software untuk mengkonfigurasi fitur-fitur yang dibawanya. Tampilan softwarenya cukup mudah dimengerti dan tergolong lengkap.

Kalian dapat mengatur fungsi pada tombol-tombol dengan gambaran mouse lengkap dengan penomoran yang akan membantu kalian saat mengkonfigurasi. Termasuk dukungan fitur makro yang bisa kalian pakai di beberapa gim favorit kalian.

Pengaturan DPI beserta pewarnaannya juga bisa dilakukan dengan cukup mudah. Hal ini menawarkan kemudahan saat ingin berganti DPI karena bisa diketahui berdasarkan warna yang telah kalian pilih.

Pengaturan lainnya meliputi pewarnaan LED, sensitivitas mouse, kecepatan scroll, kecepatan klik, serta polling rate juga bisa kalian atur sesuai kebutuhan.

 

Lincah dan presisi

Selama beberapa minggu ini saya sudah memakai mouse Tecware Torque+ yang memiliki bentuk yang cukup landai. Jika pertanyaan pertama adalah enak atau tidak, saya jawab mouse ini cukup enak, jika dibandingkan dengan mouse saya yang montok dan agak berat. Terutama saat bermain Valorant.

Tecware Torque+ ini hadir dengan bobot 97 gram yang tergolong cukup ringan bagi pengguna seperti saya yang suka sedikit mengangkat mouse saat ingin mengubah sudut pandang dengan cepat saat bermain gim. Cocoklah untuk gim bergenre FPS yang memerlukan pergerakan yang cukup lincah.

Performa sensor PixArt PMW3327 yang mendukung tingkat DPI hingga 6200 juga terbukti cukup andal mengawal pergerakan kursor. Pergerakan crosshair saat bermain gim terasa mulus dan akurat. Selama memakainya, belum sekalipun saya mengalami masalah pada pergerakan kursornya. Hal ini juga karena dukungan Polling Rate 1000 Hz.

Tombol pengaturan DPI di punggung mouse memberikan kemudahan untuk berganti tingkatan DPI dengan cepat. Jadi tidak perlu yang namanya membuka aplikasi dulu. Cukup tekan atas atau bawah untuk mengatur besaran DPI-nya. Berpindah pengaturan kerja dan gim jadi lebih cepat.

Posisi tombol tambahan di sisi kiri menurut saya cukup baik. Ukurannya cukup ringkas, namun mudah dibedakan meski cukup berdekatan. Posisinya juga tidak mengganggu posisi ibu jari saya saat menggenggam mouse. Hal ini untuk menghindari menekan tombol secara tidak sengaja. Posisi tombol di sisi kiri ini sekaligus menunjukkan bahwa mouse ini dirancang untuk pengguna tangan kanan, jadi si Tecware Torque+ ini bukan Ambidextrous.

Lapisan teflon di 4 sudut pada sisi bawah mouse membuat pergeseran mouse yang lancar. Baik ketika digunakan pada permukaan meja kayu, atau saat saya pakai di atas mousepad NZXT.

 

Enak buat FPS

Jika dibandingkan dengan mouse sehari-hari yang saya gunakan (Corsair Scimitar RGB Elite), Tecware Torque+ tentunya menawarkan hal yang berbeda terutama dari sisi kelincahan karena lebih ringan. 

Mouse ini memang enak dipakai untuk memainkan gim bergenre FPS. Selain bobotnya yang ringan, performa sensornya juga cukup baik. Gesit juga akurat.

Satu-satunya hal yang menurut saya perlu ditambahkan dari Tecware Torque+ ini adalah lapisan karet di sisi kiri dan kanan mouse. Utamanya untuk memberikan grip yang lebih baik, khususnya untuk pengguna yang menggunakan gaya genggam claw-grip atau fingertip. Lapisan karet juga bisa memberikan grip ekstra bagi pengguna yang mudah berkeringat.

Diluar itu mouse ini mantap! Dan cukup murah! 

80
Tecware Torque+
 
Keunggulan
  • Harga terjangkau
  • DPI 6200
  • Performa oke
 
Kekurangan
  • Minim lapisan karet
  •  
  •  
Tag
Share
×
tekid
back to top