sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 19 Jul 2022 10:03 WIB

Cooler Master MM731, ringan dan sat set

Mouse gaming nirkabel berbobot ringan ini menawarkan pergerakan yang gesit, anti lag, serta dukungan fitur yang tergolong lengkap.

Cooler Master MM731, ringan dan sat set

Mouse gaming merupakan salah satu perangkat yang memiliki peran penting untuk menunjang sesi bermain gim. Memakai mouse gaming, membuat gamer dapat bergerak lebih cepat dan akurat, khususnya saat memainkan gim-gim bergenre FPS (first person shooter).

Belakangan ini, semakin banyak mouse gaming berbobot ringan. Salah satunya mouse keluaran Cooler Master MM731. Begini ulasannya.

Desain minimalis 

Cooler Master MM731 hadir dengan wujud klasik dan minimalis. Desainnya memang enggak seperti mouse-mouse gaming yang belakangan ini banyak muncul di pasaran. MM731 justru tampil sederhana. Jauh dari kesan agresif, namun tetap mempertahankan bentuk yang ergonomis di tangan.

Tak hanya bentuknya yang minimalis, MM731 juga dipoles dengan warna solid yaitu hitam, dengan permukaan dengan finishing agak kasar (bukan glossy). Membuat mouse ini tidak licin dan mudah kotor karena keringat.

Mouse ini bukan ambidextrous, lebih ditujukan untuk pengguna tangan kanan. Hal ini dapat dilihat pada bagian sisi kanan belakang mouse yang agak melebar. Berbeda dengan sisi kiri yang agak melengkung ke dalam. 

Total ada 5 tombol di mouse ini. Ukuran tombol klik kiri dan kanan tergolong besar dan lebar dengan karakter yang cukup clicky. Tidak terlalu ringan sehingga ideal untuk gamer penggemar FPS untuk meminimalisir salah tekan.

Di sisi kiri Cooler Master MM731 memiliki dua tombol tambahan, yang bisa digunakan untuk memasukkan command atau perintah. Seperti pengaturan multimedia, DPI, dan beberapa command lainnya. Sayang tidak ada pilihan untuk mangatur besar kecil volume.

Tombol di Scroll buttonnya berlapis karet untuk memberikan grip yang optimal, terlebih untuk gamer yang jarinya mudah berkeringat. 

Tidak ada bolong-bolong di mouse Cooler Master MM731 ini. Semua tertutup. Jadi untuk kalian yang agak merinding dengan mouse bolong-bolong, mouse ini bisa jadi salah satu pilihan kalian. 

Logo Cooler Master terletak di punggung mouse. Dilengkapi dengan LED yang mendukung pewarnaan RGB.

Di bagian bawah,Cooler Master MM731 memiliki lapisan teflon atau ptfe yang cukup banyak dan tersebar dibeberapa sisi, termasuk di area optiknya. Lapisan ptfe ini terasa halus, yang pastinya menjanjikan pergerakan mouse yang mulus di atas permukaan mousepad.

Ada sebuah kompartmen berbentuk kotak kecil berdekatan dengan optik. Kompartemen ini tempat untuk menyimpan nano receiver

Mouse ini dibekali dengan baterai yang ditanam, tak lagi menggunakan batu baterai. Ini yang menjadikan mouse ini memiliki bobot yang sangat ringan. Bobotnya hanya 60 gram.

Cooler Master MM731 ini punya 2 jenis koneksi nirkabel, ada wireless 2.4GHz dan bluetooth. Untuk bermain gim, pastinya koneksi 2.4GHz yang digunakan, karena menawarkan latensi yang lebih rendah sehingga menjanjikan pergerakan kursor yang gesit dan lancar, khususnya saat bemain gim-gim bergenre FPS.

Jika ingin dipakai bekerja di laptop misalnya, kalian bisa menggunakan koneksi bluetooth. Menariknya, kalian tidak perlu repot memindahkan nano receivernya, tinggal geser ke kiri menggunakan koneksi bluetooth. Mouse ini sudah bisa digunakan di beberapa laptop. Fleksibel dan mudah.

Tombol terakhir di sisi bawah secara default adalah tombol untuk mengatur tingkat DPI pada mouse. Modenya cycle, jadi ketika ditekan maka DPI akan terus naik dan kembali ke pengaturan paling awal ketika sudah sampai di pengaturan terakhir, tergantung berapa banyak DPI yang kalian pakai.

Bagaimana cara mengisi baterainya? Untuk pengisian daya, kalian bisa menggunakan kabel yang terdapat dalam paket penjualan. Kabel yang dibungkus menggunakan lapisan kain ini juga bisa kalian pakai ketika sedang mengisi daya baterainya. 

Karena dibungkus lapisan kain, kabelnya enggak akan mengganggu pergerakan mouse karena bisa meminimalisir friction atau efek gesekan antara kabel dengan meja, yang kedang terasa mengganjal pas lagi seru-serunya main gim.

Download dan instal MasterPlus

Meski desainnya minimalis, Cooler Master menyiapkan dukungan software untuk mouse MM731, Masterplus namanya. Software ini bisa kalian unduh dari situs resmi Cooler Master dengan ukuran file 240 mb. Atau unduh di sini MasterPlus.

Melalui software MasterPlus, kalian bisa mengkonfigurasi semua fitur-fitur dari MM731. Mulai dari mengatur kapan mouse ini masuk ke dalam mode Sleep ketika tidak dipakai selama beberapa menit dan mengaktifkan fitur Low Power, berdasarkan sisa kapasitas baterai.

Kalian juga bisa memasukan perintah atau fungsi baru pada tombol tertentu. Gunakan fitur mouse combo untuk memasukan fungsi lainnya. Jadi total ada 5 lebih perintah yang bisa kalian tanamkan pada mouse ini.

Di menu performance, total ada 7 tingkatan DPI yang bisa kalian gunakan. Ada juga pengaturan Polling Rate, Angle Snapping, Lift of distance, kecepatan klik, dan kalibrasi permukaan.

Mouse MM731 ini juga mendukung kalian yang suka mengkreasikan warna led pada menu Lighting. Tak hanya bisa berganti warna, ada beberapa preset mode yang bisa kalian pilih. 

Mouse ini juga sudah mendukung makro dan menyediakan 5 buah profil untuk menyimpan pengaturan yang sudah kalian buat untuk beberapa judul gim favorit kalian.

 

    Share
    ×
    tekid
    back to top