Review smartwatch Huawei GT2

Smartwatch Huawei GT2 menawarkan beragam fitur yang mendukung olahraga dan memantau aktivitas penggunanya.

Review smartwatch Huawei GT2

Huawei meluncurkan smartwatch Watch GT 2, Oktober lalu. Saya sudah mencobanya selama lebih dari satu minggu.  Huawei Watch GT2 ini hadir desain yang cukup sporty, dengan strap Fluoroelastomer berwarna oranye yang membuat tampilan saya menjadi lebih segar. Bodinya berbahan stainless steel dengan berdiameter lingkaran 46mm dan berbobot sekitar 41 gram tanpa tali. 

Ini adalah gambar smartwatch Huawei GT2


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Huawei kini jualan motherboard dan prosesor PC Desktop

PM Inggris ketahuan selfie pakai Huawei P20

Huawei Nova 6 5G punya skor kamera selfie terbaik versi DXOMark


Bagi saya, bobotnya cukup berat jika menggunakannya dalam waktu lama dan ukurannya terlalu besar untuk tangan saya yang mungil.

Bodinya dilengkapi dengan dua tombol yang berada di sisi kanan. Fungsinya untuk menavigasikan menu dan tombol back. 

Huawei Watch GT2 dibekali layar Amoled 1,39 inci dengan resolusi 454x454 piksel. Layar tersebut mendukung gerakan geser dan sentuhan, untuk mengakses fitur-fitur. Layarnya juga secara otomatis akan langsung menyala bila mata saya melihat smartwatch

Ini adalah gambar dari aplikasi Huawei Health

Saat berada di luar ruangan, saya masih bisa melihat tampilan layar secara jelas, meskipun dalam kondisi siang hari. Saya juga menyukai tampilan layarnya karena bisa diubah dengan berbagai macam desain secara cepat. Jadi, kita bisa menyesuaikan gayanya setiap hari.

Baterai Huawei Watch GT2 dapat tahan lebih dari 5 hari, dengan catatan, kita tidak terlalu menggunakan banyak fitur olahraga. Waktu pengisian ulang baterainya bisa dilakukan dengan cepat. Dari kapasitas baterai 13 persen, saya hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk mengisi dayanya hingga 100 persen. Untuk mengecek kapasitas daya baterai, Anda bisa melakukan slide dari atas ke bawah.Ini adalah gambar smartwatch Huawei GT2

Smartwatch mampu menghitung berapa banyak langkah pengguna, kalori yang terbakar, detak jantung, tingkat stres, jarak yang telah ditempuh dalam sehari, tingkat pernapasan, jam tidur, dan aktivitas harian. 

Huawei Watch GT2 juga mampu menghitung berbagai aktivitas olahraga yang dilakukan penggunanya. Untuk menghitung aktivitas olahraga, pengguna hanya perlu menekan tombol bawah di sisi kanan pada menu latihan. Pengguna bisa memilih mulai dari aktivitas olah raga di luar maupun dalam ruangan, seperti berlari, mendayung, mendaki, berenang, bersepeda, dan lainnya. 

Menurut saya, smartwatch ini mampu menghitung cukup akurat langkah kaki saya setiap hari. Saya juga cukup terbantu mengetahui tingkat detak jantung dan level stres. Terlebih lagi, saya bisa melihat catatan waktu tidur.

Bahkan, ia dapat memberi peringatan untuk berdiri dan bergerak, bila saya terlalu banyak duduk saat bekerja. Semua perhitungan tersebut juga secara langsung terhubung dengan aplikasi Huawei Health. 

Ini adalah gambar smartwatch Huawei GT2

Fitur menarik lainnya adalah ia bisa terhubung dengan smartphone. Jadi, saya bisa mendapatkan notifikasi dari berbagai aplikasi, seperti WhatsApp, Instagram, atau pun email. Sayangnya, saya hanya dapat melihat pesan tersebut dan tidak bisa memberikan jawaban, meskipun templat. 

Fitur lainnya adalah pemutar suara. Saya menggunakan aplikasi Spotify untuk mendengarkan lagu, dan saya bisa mengendalikannya melalui smartwatch ini. Jadi, saya bisa mengecilkan atau membesarkan suara, memulai atau menahan lagu, serta mengganti lagu. Menurut saya, proses tersebut bisa dilakukan secara langsung dan cepat. Pasalnya, ketika saya mengecilkan suara musik melalui smartwatch, maka suara musik pun akan langsung mengecil yang disetel di smartphone

Ini adalah gambar smartwatch Huawei GT2

Huawei Watch GT2 juga memungkinkan saya untuk mengakses kompas, cuaca, alarm, dan senter. Untuk fitur Call dan Contact, tentunya hanya bisa dilakukan bila saya menyimpan kontak dalam Huawei Health. 

Saya hanya dimungkinkan untuk memasukkan 10 kontak favorit saja ke dalam aplikasi Huawei Health. Bila saya ingin melakukan panggilan, saya hanya perlu menekan nama kontak yang dituju dan secara langsung akan melakukan panggilan telepon menggunakan pulsa. Tak hanya melakukan panggilan, saya juga bisa mendengar suara penerima secara jelas melalui speaker yang terletak di kanan bodi dan berbicara melalui mikrofon yang berada di kiri bodi smartwatch.  

Dalam aplikasi Huawei Health juga menyajikan fitur My Medals. Ini tampak layaknya gim yang menawarkan berbagai aktivitas yang harus kita capai. Bila pengguna bisa mencapai setiap tantangan tersebut, maka kita akan mendapatkan medali. Tentunya, ini menjadi fitur yang cukup baik karena bisa menambah semangat penggunanya untuk berolahraga dan menyelesaikan tantangan tersebut. 

Ini adalah gambar dari smartwatch Huawei GT2

Kesimpulan 

Huawei GT 2 hadir dengan beragam fitur yang mendukung untuk olahraga dan memantau aktivitas. Ia juga bisa diandalkan karena bisa mengendalikan ketika saya memutar lagu dan melakukan panggilan telepon pulsa. Sayangnya, smartwatch ini tidak memungkinkan saya untuk membalas pesan, melainkan hanya dapat melihat notifikasi pesan saja. Dengan harga Rp2.799.000, Huawei GT 2 ini cukup layak dipertimbangkan bagi sahabat Tek yang sedang mencari smartwatch.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: