sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
Jumat, 31 Jan 2020 19:28 WIB

Review Dell XPS 13 2-in-1 7390, bikin jatuh cinta

Laptop ini bisa menunjang aktivitas pekerja kantoran yang mobile, desainnya cantik dan berkelas, kinerjanya pun juga cukup gesit.

Notebook sudah menjadi perangkat yang wajib dimiliki oleh pekerja kantoran saat ini. Selain semakin bertenaga, notebook juga menawarkan fleksibilitas lebih tinggi jika dibanding dengan komputer desktop. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk bekerja dari mana saja.

Untuk itu, beberapa brand notebook terus menghadirkan seri anyar agar bisa memenuhi kebutuhan berbagai kalangan pengguna. Salah satunya adalah seri XPS 13 2-in-1 yang dapat menunjang aktivitas pekerja kantoran jaman now. Kalau kalian sedang mencari laptop kantoran, simak reviewnya sampai selesai ya.

Kombo apik mobilitas dan fleksibel

Untuk menunjang aktivitas pekerja kantoran yang mobile, notebook haruslah cukup ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Hal itulah yang tercermin dari desain Dell XPS 13 2-in-1 7390 ini.

Ukuran notebook XPS 13 7390 sangat tipis. Dalam kondisi tertutup, tebalnya berkisar antara 7 sampai 13 milimeter saja, sementara panjang dan lebarnya berkisar 296 milimeter dan 207 milimeter.

Dengan ukuran yang ringkas, notebook ini menawarkan mobilitas yang tinggi. Terhitung bobotnya hanya berkisar 1,3 kilogram saja, cukup bersahabat baik untuk pengguna pria ataupun kaum hawa.

Selain menawarkan mobilitas tinggi, laptop berwujud ringkas ini juga menawarkan desain yang menarik. Dibekali engsel yang fleksibel, layarnya dapat dibuka hingga 360 derajat menjadi mode tablet atau mode tent.

Desain engsel ini menawarkan kemudahan dalam beralih fungsi. Misalnya ketika ingin mempresentasikan hasil rancangan desain Anda ke klien. Dell XPS 13 2-in-1 juga memiliki stylus untuk memudahkan pengoperasian dalam mode tablet.

Untuk port konektivitasnya, saya akui notebook ini memang agak sedikit minimalis. Dell XPS 2-in-1 7390 hanya punya 4 buah port saja. Dua port Thunderbolt™ 3 dengan dukungan daya serta DisplayPort (4 lanes of PCI Express Gen 3) bisa ditemukan di sisi kanan dan kiri.

Untungnya, port berbentuk USB type-C ini multifungsi karena mendukung proses pengisian daya, transfer data juga sebagai port untuk menambahkan perangkat visual tambahan seperti monitor.

Nah dua port lainnya adalah 3,5mm headphone/microphone combo jack dan sebuah microSD card reader.

Interior yang terlihat berkelas

Dell XPS 13 7390 ini dibekali dengan layar sentuh yang mengantungi spesifikasi jempolan. Pertama layarnya mengantungi sertifikasi HDR 400 yang mampu menampilkan kedalaman dan detail warna yang sangat baik.

Kedua layarnya sudah mengantungi fitur DCI P3 90 persen, yang membuat tampilannya lebih kaya warna. Selain dapat menampilkan tampilan terang lebih cerah, ketika menampilkan warna gelap juga akan terlihat lebih pekat.

Layarnya sendiri memiliki resolusi 3840 x 2400 4K Ultra HD+ dengan dukungan lapisan anti-glare. Menggunakan notebook ini di luar ruangan pun layarnya tetap terlihat tajam dan terang.

Sisi berkelas selanjutnya ada pada sektor keyboardnya. XPS 13 7390 menggunakan keyboard dengan karakter keycap low-profile, atau mungkin saya menyebutnya ultra low-profile saja. Selain memiliki bentuk keycap yang sangat rendah, travel distance dari keycapnya juga tergolong sangat pendek. Jika biasanya saya menekan keycap pada notebook harian dengan sedikit momentum dan tenaga, itu semua akan terasa lucu ketika saya mengetik di notebook ini. Intinya proses mengetik di notebook tipis ini ga perlu pakai tenaga.

Untuk menambah sisi keamanan, Dell menyematkan fingerprint scanner pada tombol power. Sayangnya pengalaman menggunakan fingerprintnya terasa tidak gesit. Selain itu, notebook ini juga tidak mendukung Windows Hello Face karena tidak dibekali kamera yang kompatibel dengan fitur tersebut.

Spesifikasi mewah kinerja wah

Di banderol di kisaran 30 jutaan, Dell XPS 13 7390 menawarkan spesifikasi yang cukup mewah. Notebook ini dibekali prosesor Intel generasi ke-10 yakni i7-1065G7, grafis Intel Iris Plus, RAM 16GB, serta kapasitas penyimpanan M.2 sebesar 512 GB.

Di atas kertas, notebook dengan spesifikasi seperti ini tergolong cukup bertenaga untuk sekadar mengerjakan tugas harian di kantor. Malah notebook ini juga bisa dipakai untuk me-render file 3D bertaraf sedang sampai kompleks.

Untuk mendapatkan gambaran kinerja notebook ini, saya sudah menjalankan beberapa pengujian (benchmark) menggunakan PCMark (mewakili penggunaan kerja harian), 3DMark (mewakili pengujian pengolahan grafis), Cinebench R20 (kinerja prosesor), CrystalDiskMark (kinerja storage) dan Blender (mewakili kemampuan render). Berikut hasilnya:

Buat multimedia sih oke

Di balik wujudnya yang ringkas dan tipis, laptop ini juga cukup oke untuk memutar konten multimedia. Laptop dengan layar sentuh 13,4 inci 4K Ultra HD+ ini didukung sertifikasi HDR 400, DCI P3 90% serta Dolby Vision, untuk menampilkan visual yang tajam dan jernih serta warna yang akurat.

Selain itu , Dell juga menggunakan InfinityEdge display. Dengan tampilan yang tajam dan bentuk bezel yang tipis, pengalaman melihat layar dan menikmati konten multimedia jadi sangat menyenangkan.

Ditambah dukungan managemen daya yang cukup apik, Dell XPS 2-in-1 13 7390 masih bisa menemani saya streaming layanan Netflix disaat saya jenuh bekerja, saya bisa menonton tayangan Netflix selama 7 jam 30 menit lamanya.

Kesimpulan

Saya kembali merasakan emosi yang berbeda setelah sekian lama saya tidak merasakannya saat mengenal Dell XPS 13 2-in-1 7390. Perasaan senang sekaligus gemas campur aduk seiring waktu yang saya lewatkan bersamanya.

Laptop ini kencang dan gesit, ditambah desainnya yang seksi untuk menemani aktivitas harian saya sebagai pekerja yang mobile.

Laptop ini mudah dibawa dan mengerti kebutuhan saya dengan form-factornya yang fleksibel untuk segala kebutuhan, mulai bekerja sampai bertemu klien untuk sekadar menunjukan konten yang akan saya tunjukkan.

Tetapi, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan Dell dari XPS 13 2-in-1 7390 yang membuat saya cukup gemas. Fitur fingerprint scanner pada tombol power terasa kurang gesit dalam memindai sidik jari, saya harus beberapa kali menyentuhnya sampai akhirnya terbaca.

Selain itu laptop ini kurang bersahabat dengan perangkat yang masih menggunakan port koneksi lebih lama karena hanya mendukung port USB type-C sebagai media menstransfer data sekaligus mengisi daya. Meskipun kesannya jadi terlihat lebih bersih di sisi-sisi laptop.

 
Dell XPS 2-in-1 7390
Bagus ...
  • desain elegan
  • convertible
  • kinerja oke
Kurang ...
  • fingerprint kurang gesit
  • port ga dukung seri lama
  •  
Tag
Share
×
img
×
tekid
back to top