sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 24 Okt 2022 16:59 WIB

Review Dell Pro Webcam 5023, dukung resolusi 2K QHD dan AI Auto Frame

Hadir dengan resolusi 2K QHD dan banyak fitur pendukung lain khususnya AI, Dell Pro Webcam 5023 bisa memenuhi kebutuhan pekerja yang membutuhkan tampilan saat conference call yang berkualitas.

Review Dell Pro Webcam 5023, dukung resolusi 2K QHD dan AI Auto Frame

Aktivitas kantoran belakangan ini sudah mulai berangsur pulih. Artinya sudah banyak karyawan yang kembali beraktivitas di kantor, di mana sebelumnya harus membatasi aktivitas luar ruang dan bekerja dari rumah. Namun, tidak semua perusahaan mewajibkan karyawannya untuk selalu datang ke kantor. Sebagian masih memberlakukan bekerja secara hybrid.

Saya pun demikian. Sesekali saja ke kantor untuk koordinasi. Selebihnya, komunikasi dilakukan melalui virtual meeting atau conference call. Melihat itu, saya mendapat kesempatan mencoba kamera webcam milik Dell. Dell Pro Webcam namanya, dengan dukungan resolusi 2K QHD dan dukungan AI, kamera ini diklaim dapat memberikan tampilan yang tajam, saat melakukan conference call

Berikut ulasannya :

Ringkas untuk berbagai perangkat

Dell Pro Webcam ini serinya WB5023. Desainnya agak berbeda dengan kamera webcam kebanyakan. Tidak kotak, namun berbentuk seperti tabung. Panjangnya sekitar 3,62 inci dengan diameter 1,73 inci. Cukup ringkas dan masih mudah dibawa-bawa. Dell Pro Webcam WB5023 hadir dengan varian warna hitam doff. 

Kamera Dell Pro Webcam WB5023 ini dilengkapi cover untuk kepentingan privacy dengan mekanisme magnet. Membuka covernya cukup ringan. Di cover ada logo Dell dan dilengkapi dengan lapisan karet lembut dibaliknya. Ini disiapkan untuk mengurangi risiko baret pada kaca kamera saat dibuka tutup. 

Ketika cover dibuka, kalian akan melihat detail kamera yang mendukung resolusi hingga 2K QHD dengan aperture f2.0 dan beberapa fitur unggulan yang dibawanya. Built in mikrofon di bagian atas, serta lampu indicator saat kamera aktif di sisi kanan. 

Untuk konektivitas, Dell Pro Webcam WB5023 memiliki kabel dengan panjang 1,5 meter. Konektornya berbentuk USB 2.0, sehingga masih sangat fleksibel dipakai di berbagai perangkat seperti PC atau laptop kebanyakan. 

Seperti yang saya sebutkan di atas, Dell Pro Webcam WB5023 menawarkan penggunaan yang fleksibel, mau dipakai di PC bisa, mau di laptop bisa, atau mau pake tripod. Alasannya karena Dell Pro Webcam WB5023 hadir dengan mekanisme pemasangan yang cukup unik, juga mounting untuk tripod.

Desain Webcam dan penjepit pada Dell Pro Webcam WB5023 mendukung penggunaan yang cukup luas. Ketika saya pakai di monitor dengan list yang cukup tebal, Dell Pro Webcam WB5023 bisa ‘duduk’ dengan mantap. Begitu juga ketika saya pakai di laptop dengan cover yang cukup tipis. Mekanisme ‘kaki penjepit’ yang fleksibel dan dilapisi karet membuat kamera webcam milik Dell ini jadi enggak gampang goyang.

Instalasi dan Fitur

Proses penggunaannya relatif mudah. Tinggal colok kabelnya ke port USB pada PC atau laptop, tunggu sebentar sampai sistem pada computer mengenali dan menginstal software, kamera Dell Pro Webcam WB5023 sudah bisa digunakan.

Namun, untuk mendapatkan kemampuan kamera Dell Pro Webcam WB5023 sepenuhnya, kalian perlu menginstal Dell Peripheral Manager. Mudahnya kalian bisa meng-klik tautan berikut ini. Dell Pro Webcam WB5023 Driver. 

Pada saat instalasi, kalian akan langsung disuguhkan dengan fitur-fitur unggulan dari kamera webcam Dell Pro Webcam 5023, dimulai dengan empat preset bawaan. Di sini kalian bisa memilih pilihan tampilan yang paling cocok, dengan meng-klik setiap preset yang ada. Fitur ini juga bisa kalian temukan pada menu pengaturan, jika kalian berencana untuk mengubah preset nantinya.

Fitur selanjutnya yang ditawarkan saat menginstal Dell Peripheral Manager adalah Auto-framing. Jika diaktifkan, fitur ini akan memposisikan wajah kalian secara otomatis hingga berada di tengah-tengah frame. Menariknya, meski kalian mengubah posisi duduk kalian ke sisi kiri atau kanan frame, fitur ini juga akan menyesuaikan sehingga wajah kalian tetap berada di tengah-tengah frame. Lalu ada juga fitur HDR, yang bisa kalian aktifkan jika posisi duduk kalian membelakangi sumber cahaya yang kuat. 

Pada pengaturan, kalian akan melihat banyak lagi fitur yang ditawarkan Dell Pro Webcam 5023. Mulai dari Camera Control yang menawarkan pengaturan Field of View, Zoom, Exposure, dan Frame Rate. Color and Image yang menawarkan pengaturan AWB, Brightness, Sharpness, Contrast, Saturation, dan Anti Flicker. Capture yang menawarkan pengaturan Resolution, FPS, Grid, dan lokasi penyimpanan. Juga opsi untuk mengggunakan mikrofon pada kamera Dell Pro Webcam 5023 atau perangkat lain. 

Video conference enggak butek lagi

Meski beberapa monitor desktop dan laptop sudah dibekali dengan kamera webcam bawaan, tetapi resolusi yang ditawarkan jauh dari kata memuaskan. Hadirnya Dell Pro Webcam 5023 menjadi solusi bagi pekerja yang masih harus bekerja dari rumah atau mobile. 

Menawarkan resolusi hingga 2K QHD, menggunakan Dell Pro Webcam 5023 untuk video conference jadi makin percaya diri. Setidaknya lawan bicara bisa melihat kita lebih jelas dan terang, tidak melihat siluet hitam bergerak kanan kiri saja. 

Fitur Auto Frame jadi salah satu fitur favorit saya. Pasalnya, jika sebelumnya harus memposisikan posisi duduk saya, dengan Dell Pro Webcam 5023 saya bisa duduk agak ke kanan atau ke kiri. Menariknya, fitur AI akan secara otomatis menyesuaikan posisi wajah saya di tengah-tengah frame.  

Performa mikrofon built in-nya pun tergolong baik. Meski posisi Dell Pro Webcam 5023 agak berjauhan dengan posisi saya duduk, saya tidak perlu teriak agar lawan bicara saya dapat mendengar suara saya dengan jelas. Cukup berbicara seperti biasa, suara saya terdengar bersih dan kencang. Adanya fitur Noise Reduction juga cukup efektif menyaring suara-suara di sekitar.

Selain pemasangan yang fleksibel, kamera Dell Pro Webcam 5023 ini juga fleksibel digunakan pada beberapa aplikasi conference, seperti Zoom (Zoom Certified), Google Meet, Microsoft Teams.

Cocok untuk pekerja hybrid

Hadir dengan resolusi 2K QHD dan banyak fitur pendukung lain khususnya AI, Dell Pro Webcam 5023 jelas bisa memenuhi kebutuhan pekerja yang membutuhkan tampilan saat conference call yang berkualitas.

Desainnya yang ringkas dan memiliki mekanisme penggunaan yang fleksibel, Dell Pro Webcam 5023 cocok digunakan oleh siapa saja, di perangkat apa saja yang mendukung koneksi USB 2.0. Untuk meeting online, kegiatan belajar mengajar, dan banyak lagi.

Meski begitu Dell membanderol kamera webcam ini di harga Rp2 jutaan. Harga yang memang tidak bisa dibilang murah. Mengingat fitur yang dimilikinya, rasanya kamera ini lebih mudah menjangkau pekerja profesional. 

80
Dell Pro Webcam 2053
 
Keunggulan
  • Desain ringkas dan fleksibel
  • Resolusi 2K QHD
  • AI Auto Frame
 
Kekurangan
  • Harga cukup tinggi
  •  
  •  
Tag
Share
×
tekid
back to top